4 Cara Untuk Tetap Produktif Selama WFH

Adanya anjuran untuk WFH (work from home) membuat banyak orang bingung untuk dapat tetap produktif selama bekerja di zona nyaman aka rumah.

Letter F punya 4 cara efektif yang dapat kamu coba agar bisa tetap produktif selama WFH, yuk simak di bawah ini.
  • Bedakan tempat kamu beristirahat dan tempat kamu bekerja
Space affect your mentality and especially when working from home. Usahakan untuk bekerja sejauh mungkin dari tempat tidur dan kalau bisa, tempatkan “ruang” kerjamu dimana kamu bisa mendapatkan sinar matahari. Kalau kamu tidak ada ruang untuk melakukan pekerjaanmu selain di tempat tidur, coba deh lakukan pekerjaan mu di posisi yang berbeda dari posisi kamu istirahat, dengan mengubah posisi tersebut kamu dapat membantu membuat “batasan” ruang antara tempat kamu istirahat dan bekerja.
  • Buat to-do list
Membuat to-do list dapat mempermudah kamu menyusun hal-hal yang perlu kamu lakukan. Kamu dapat menggunakan jurnal atau buku tulis biasa untuk menuliskan jadwal pekerjaan kamu tiap harinya, hal ini dapat membantu otak kamu agar tidak skip akan tigas-tugasmu dan tentunya membuat
  • Pasang Timer
Tanpa memakai timer kamu akan lebih banyak membuang waktu daripada memanfaatkannya dengan baik. Setiap orang punya jam produktifnya masing-masing dan pada jam-jam tersebut tidak boleh ada distraksi apapun yang menggangu intensitas kamu dalam bekerja. Contohnya, pasang waktu 2 jam untuk menyelesaikan pekerjaan kamu dan setelah 2 jam itu lewat, pasang kembali timer untuk menghitung waktu istirahat kamu. Ingat, waktu rehat itu penting tapi jangan sampai kamu terlena dengan scrolling timeline sosmed kamu ya.
  • Jauhkan tempat kerja kamu dari ponsel
Yang ini udah jelas ya alasannya. Dengan kamu bekerja dari rumah, akan ada banyak sekali distraksi di sekitar kamu, dan untuk meminimalisirnya, coba letakan ponselmu dengan jarak yang cukup sulit untuk kamu raih, dan kalau sudah waktunya istirahat, disarankan untuk tidak main hp di meja kerjamu, karena dengan begitu kamu memberi sinyal kepada otakmu kalau ruang kerja dapat digunakan untuk istirahat, yang pada akhirnya kamu akan lebih sulit meninggalkan ponselmu lagi.
Editor: Olivia Elena Hakim
Writer: Windyannisa Cindrati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beauty Fest
clozette
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
%d bloggers like this:
INSTAGRAM FOLLOW ON INSTAGRAM
Follow on Instagram