Imperfect is The New Perfect with FIGURE

Berangkat dari kepedulian terhadap sesama perempuan, The F Thing’s in-house brand FIGURE meluncurkan koleksi baru sebagai bentuk apresiasi untuk tiap perempuan in all shapes and sizes.

BACKGROUND
Dulu, eksposur yang dikenal setiap perempuan berasal dari majalah cetak dan iklan di TV, yang memperlihatkan bagaimana perempuan seharusnya terlihat. Suatu ‘idealisme’ tentang body shape dan how a woman should look menjadikan tiap perempuan mempunyai satu definisi kolektif tentang apa yang disebut ‘cantik’ dan ‘sempurna’. Bergeser ke era digital, sifat dualitas medsos malah semakin membuat para perempuan insecure. Everything is accessible—but therein lies the dualism; these repetitive informations could sometimes mislead and misshapen the mind on defining ‘beauty’, ‘perfect’, and ‘socially acceptable’.
Mengutip Times of India,

“Social media significantly continue to play a crucial role in molding the lives of adolescents, girls and young women. It negatively affects the body image and reinforces the fallacious beliefs of ‘how we need to look’, that we as an individual must predominantly validate and perpetuate upon. Social media platform not only exposes young girls to certain beauty standards and but also propel them for following the cultural ideals of womenhood or perfect womanism.”

Standar ideal terus bergeser dari masa ke masa, namum efeknya tetap sama.
TIPE BADAN DARI MASA KE MASA
  • 1920 – 1930 – 1940
The ideal woman is called Flapper, where they sport an androgynous look, straight figure with shorter hair. A simple rebellious form agains the Victorian style. Fashion in Wartime, where the shoulders’ width was emphasized, mostly wearing suits. Icon? Katherine Hepburn.
  • 1950 – 1960 – 1970
The voluptuous image was first introduced by Marilyn Monroe in the ‘50s, but being rejected by the ’60s era where Warhol introduced Twiggy. It got deteriorated since then until the ‘70s where a lot of women suffer from anorexia because women should not have a muscle mass, thanks to hippies.
  • 1980 – 1990 – 2000
The ‘80s was when things get hardest because this is the year where the world was introduced with a new concept: Supermodels. The ‘90s? Perfection. Not only do you have a supermodel body, but women apparently should have big breasts and derrieres. Masuk ke tahun 2000 dimana akses digital mulai meluas, easy access menyebabkan suatu krisis identitas. Apakah tipe badan sempurna adalah yang montok? Kurus? Chubby? Statistik yang tersebar memperlihatkan perubahan komunikasi, dimana society is accustomed of sharing glimpses of their lives through carefully filtered images. 75% perempuan merasa portrayal ideal di medsos sangat tidak realistis, namun mereka pun tetap terpengaruh untuk memperlihatkan suatu kesempurnaan.
And this is where the term BBD or ‘Body Dysmorphic Disorders’ is coined. Kemudahan akses ini justru menjadi bumerang dimana keyboard warriors merasa pantas untuk body shaming tiap orang. Definisi “PERFECT” atau “SOCIALLY ACCEPTABLE” pada dasarnya subjektif, dan dengan kesadaran tersebut nyatanya tidak mengurangi jumlah korban cyber bullying yang terjadi setiap saat di dunia digital. Dampak jangka panjang pun terjadi pada mental setiap orang, mereka menjadi tidak percaya diri, selalu mempertanyakan diri mereka, apakah mereka harus terlihat seperti A, B, C dan lainnya. Moreover, it also causes self-harm in the long run.
#FIGUREYOURBODY

Melalui koleksi terbarunya, dengan tagar awareness #WEARWHATYOUBELIEVE #FIGUREYOURBODY #FIGUREITOUT, brand FIGURE ingin mengubah persepsi tentang tipe badan. Koleksi terbaru mendukung seluruh ukuran badan, dari Petite, Regular, hingga Curvy. Dengan disain yang klastik dan versatile, FIGURE ingin membangun rasa percaya diri tiap perempuan melalui fashion. Dengan ragam koleksi padu padan, semua bisa dieksplor oleh tiap perempuan untuk mendefinisikan gaya mereka masing-masing.

Untuk koleksi pertama, FIGURE mengeluarkan warna earth tone agar dapat digunakan oleh semua warna kulit. FIGURE akan mengeluarkan 17 SKU di antaranya Top, Bottom, Dress dan Outer, koleksi ini akan launch di Mei 2020 ini, secara online dan special launch on TheFThing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Garnier
clozette
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
%d bloggers like this:
INSTAGRAM FOLLOW ON INSTAGRAM
Follow on Instagram