Kata Della Dartyan, Sebenarnya Arini Itu…

Kerap dijuluki dengan wanita ‘horor’ dalam perannya sebagai Arini di Love for Sale, Della Dartyan beranggapan bahwa memerankan Arini memang menantang untuk pengalaman film pertamanya. Melalui Arini, Della meraih dua penghargaan dari Indonesian Movie Awards sebagai Aktris Pemeran Wanita Pendatang Baru Terbaik dan Terfavorit.

Aktris yang lahir di Yogyakarta ini mengawali kariernya sebagai model, berlanjut ke tahapan Puteri Provinsi Banten dan menjadi wakil Banten di Puteri Indonesia 2013. Di tahun yang sama, Della juga mengikuti ajang Miss ASEAN dan berhasil meraih gelar Miss Photogenic. Sebelum Della benar-benar mengawali karier aktingnya di tahun 2018, dia juga pernah menjadi host untuk program My Trip My Adventure yang pada saat itu Della diketahui memiliki hobi traveling dan naik gunung.

Apa dunia akting selalu menarik perhatian kamu untuk dieksplor?
“Sebelum aku masuk ke dunia perfilman Indonesia, aku tergabung dalam suatu kelompok Teater Peko selama setahun. Di teater aku ini, sering membuat workshop buat film-film Indonesia dan kami juga sering mengadakan banyak acara teater. Terus aku ditawarin untuk terlibat dalam suatu webseries yang juga pada saat bersamaan si Production House tersebut nawarin main di Love for Sale. Semuanya kayak bola salju, tiba-tiba aja bergulung dapet lainnya juga.”
Waktu baca script Arini, kamu basically ghosting cowok. Apa yang membuat kamu akhirnya mau coba jadi Arini?

“Jadi waktu pertama kali aku ditawarin untuk casting peran Arini, aku baca sinopsisnya. Dan aku memang pecinta film, terutama film-film arthouse dan lain sebagainya. Hal ini bikin aku jadi pengen banget bisa main film unik dan yang belum banyak orang tonton. Aku tertarik banget dengan sinopsis Love for Sale karena bagi aku ini suatu gebrakan baru di industri film Indonesia. Mungkin kelihatannya mudah, tapi sebenarnya banyak banget layer yang harus aku bedah untuk karakter ini. Fokus utama dan tugasnya itu justru bagaimana cara menghidupkan Arini menjadi sosok yang nyata, yang sebenarnya dia adalah tokoh fiksi. Disitulah aku menemukan peran Arini cukup challenging untuk film pertama.”

How do you develop the character? Apa ada kesamaan antara sifat Arini dengan sifat Della Dartyan?

“Pada waktu aku proses develop Arini menjadi sosok yang aku perankan, justru aku banyak banget belajar dari Arini. Aku tipe yang perfeksionis, untuk mendalami karakter Arini, aku membutuhkan waktu sekitar setengah tahun. Aku riset, keliling tanya orang psikolog juga. Karena Arini ini tokoh yang manipulatif sekali yang berusaha untuk menyembunyikan sisi manipulatifnya. Di situ challengenya.”

Setelah bekerja sama dengan beberapa sutradara, kamu ada favorit sutradara yang menurut kamu paling berkesan?
“Semuanya buat aku sangat berpengaruh untuk karir aku dan menjadi aku yang sekarang. Semuanya memberi banyak banget pelajaran. Nggak cuma baik, tapi juga sabar untuk ngebimbing aku. Semuanya punya karakternya masing-masing dan aku banyak banget belajar dari mereka. Bang Ucup (Andibachtiar Yusuf) adalah sutradara pertama yang kerja sama bareng aku. Dia itu orangnya nyantai banget, shooting jadi nggak berasa seperti lagi kerja, itu yang membuat aku nyaman untuk bekerja dengan beliau. Kalau Pak Monty (Monty Tiwa), dia orangnya sangat visionary dan lucu, dan mengajarkan aku kalau akting harus dari hati. Jadi kita shooting film horor itu nggak berasa lagi di film horor. Kalau Bang Joko (Joko Anwar), aku udah lama banget pengen bisa bekerja sama, salah satu sutradara yang aku kagumi. Orang yang tidak pernah memandang kelas atau status seseorang, itulah yang membuat aku kagum dengan Bang Joko. Semuanya berkesan buat aku, nggak ada yang nggak berkesan karena semuanya bagian dari perjalanan hidup.”

Editor: Galuh Tathya
Writer: Dela Naufalia
Photographer: Ganang Afriardi
Digital Imaging: Rian Pandu
Stylist: Sasqia Ayuningtyas
MUA: Nadia Renata
Wardrobe: Adora, Madison.Inc and NOHO, available at TheFThing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 responses to “Kata Della Dartyan, Sebenarnya Arini Itu…”

  1. nflsr says:

    ka della love for sale 3 pls:((

  2. Kangsun purwakarta jabar says:

    Keren, sukses selalu Mba Dela

Beauty Fest
clozette
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
%d bloggers like this:
INSTAGRAM FOLLOW ON INSTAGRAM
Follow on Instagram