Just Like Everyone Else with Amaylia Amas

Aiming to spread awareness about the equality with those who have down syndrome, FIGURE created a new campaign called “Just Like Everyone Else” gathering 5 families to share about their key to happiness. Keluarga pertama yang diundang adalah Amaylia Amas yang berusia 26 tahun, bersama ayahnya, Bapak Encep Rayum.

Bapak Encep Rayum cerita kalau dia udah membesarkan Amaylia dari kecil sampai saling mengerti emosi masing-masing. Bapak Encep sendiri adalah seorang karyawan di BUMN yang suka berolahraga dan aktif di lingkungan kompleksnya untuk mengurus organisasi atau komunitas olahraga. In this interview, we got the chance to know the strong bond between them. They know each other like the back of their hands. The inside jokes, the laugh, and the love, we can really feel that and it touches our heart.

Seberapa sayang Amaylia kepada Bapak?
Amaylia: “Sayangnya sama Bapak. Kangen sama Bapak.”
Bapak Encep: “Amaylia memang mudah sedih orangnya. Kalau saya dari awal yang ngurus dia memang saya. Dari kecil selagi saya kerja, saya sambil nyusuin dari botol. Sampai besar pun, saya yang aktif ngurus. Saya menerima apa adanya Amaylia.”
Apa yang Bapak paling sukai dari Amaylia?
Bapak Encep: “Kalau tanpa dia di rumah pokoknya jadi sepi dan terasa ada yang hilang. Memang sewaktu-waktu bisa jadi kesel juga, tapi dia selalu mengerti misalkan saya lagi emosi, itu dia udah mengerti duluan.”
Kalau Amaylia lagi kesal apa yang Bapak biasanya lakukan untuk mengembalikan moodnya?
Bapak Encep: “Kalau dia gampang, cuma dengan ngerayu. Kalau dengan saya, dia itu mudah nurutnya. Saya yang paling mengerti dia dari awal. Dari kecil saya udah membuat dia bergaul dengan banyak orang untuk membiasakan dia dengan orang lain.”
Rasa kasih sayang seperti apa yang Bapak rasakan dari Amaylia?

Bapak Encep: “Dia itu selalu ngerti kalau misalnya bapaknya ada apa-apa. Dia yang paling ngerti dibandingkan adik-adiknya, yang paling aktif. Dan misalnya saya sampai rumah, dia pasti langsung sambut saya, memeluk saya.”

Apa yang bikin Bapak dan Amaylia bahagia?
Bapak Encep: “Kalau bahagia itu menurut saya dari hati. Amaylia itu anaknya selalu ngajak becanda setiap melihat saya lagi sedih atau kesal.”

Editor: Galuh Tathya
Writer: Dela Naufalia
Photographer: Vicky Melly
Digital Imaging: Rian Pandu
MUA: Nadia Renata
Wardrobe: FIGURE, available at TheFThing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Women's Fashion Essentials
clozette
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
%d bloggers like this:
INSTAGRAM FOLLOW ON INSTAGRAM

thefthingworld

Load More... Follow on Instagram