Kenalan Dengan DJ KPop, Dizkorea

Berawal dari sama-sama suka Korea dan bercita-cita ingin traveling ke Korea bareng mendorong Norman, Sofyan, Dinar, dan Vita untuk mengubah hobi menjadi sebuah platform yang dapat dinikmati bersama yaitu Dizkorea untuk memuaskan para fan KPOP.

Pertama kali bermain di Mondo hingga penampilan di BerdendangBergoyang di 2020 lalu, Dizkorea kian melejit hingga sering diliput di portal berita nasional hingga situs fanbase global. Mereka juga mengadakan acara pesta bujangan yang bertajuk “Beautiful Kondangan” untuk merayakan pernikahan member EXO.

Kalian ‘kan dikenal sebagai “sajangnim” atau orang di belakangnya Dizkorea, tapi ide awalnya Dizkorea gimana, sih?
Sofyan: “Awalnya gue dan Norman sering main berdua sebagai DJ dengan nama ‘The Sajangnims’ di Friday Noraebang, dari situ kita mikir seru juga kalau kita buat acara dengan format yang beda tapi tetap ada unsur KPOP. Kalau Friday Noraebang seperti namanya, ‘noraebang’ artinya adalah singing room dengan konsep karaoke, kita mikir buat versi yang fun juga. Setelah meeting bareng, jadi Dizkorea.”
Norman: “Awalnya supaya bisa ke Korea bareng terus bubar aja gitu nggak ada omongan lagi. Tapi setelah tahun lalu bisa pergi ke Korea bareng, kita malah keasyikan dengan dunia KPOP dan lanjut aja, deh.”
Vita: “Kalau untuk goalsnya, kita pengen banget bisa main di Korea dan bawa teman-teman DJ dari Korea untuk main ke sini.”
Menurut kalian sendiri, definisi Dizkorea tuh apa, sih? Apakah komunitas atau gimana?
Sofyan: “Mungkin sebuah platform pertemanan KPOP kali, ya. Jadi, buat kalian yang suka KPOP atau suka dengerin lagu-lagu Korea lainnya, bisa banget datang dan fun di sini bareng yang lain di Dizkorea.”
Norman:

“Kita sebenarnya pengen membuat stigma kalau KPOP itu nggak alay, kita mau bangun pandangan baru kalau yang mendengarkan lagu Korea itu nggak aneh, dan lagu Korea nggak cuma KPOP karena kita juga bawa lagu-lagu subgenre yang lain.”

Awal adanya Dizkorea berupa sebuah ‘intimate KPOP club’, nah sekarang Dizkorea bisa perform di banyak tempat besar. Bahkan perform di luar Jakarta, bisa dibilang perkembanganya positif banget.
Sofyan: “Mungkin karena teman-teman yang jalanin Dizkorea memang orang-orang yang passionate dan juga bisa saling angkat satu sama lain ketika ada yang lagi down. Sejujurnya gue merasa gue menjalani Dizkorea ini lebih kayak fun yang menghasilkan (uang –Red). Apalagi melihat banyak teman-teman yang datang jauh lebih awal dari jam acaranya mulai, suka terharu aja lihatnya dan jadi lebih semangat lagi buat jalanin Dizkorea.”
Vita:

“Yang berpengaruh dengan pertumbuhan Dizkorea ini sejujurnya juga teman-teman yang selalu datang ke event kita, dukung event kita, yang tadinya nggak kenal sampai akhirnya jadi nongkrong bareng, benar-benar motivasi buat kita, sih.”

KPOP sendiri masuk ke Indonesia bertahun-tahun yang lalu, tapi dari yang awalnya diremehkan sampai sekarang semua brand berlomba-lomba pakai ikon KPOP sebagai ambassador mereka, pendapat kalian gimana menyimak tren ini?
Sofyan: “Dari yang kita lihat dengan meningkatnya produksi kreativitas di dunia KPOP, kualitasnya semakin tinggi dan jenisnya semakin variatif, sehingga lebih mudah diterima menurut preferensi masing-masing individu. Ditambah lagi kalau sudah ketemu yang klop sama grup dan lagunya, sekarang, sih, gue nyimaknya senyum aja, kayak ‘Kena juga, kan’.”
Vita: “Jangan pernah judge preferensi orang yang beda sama lo mungkin.”
Norman: “Satu lagi, sih: semua akan KPOP pada waktunya.”
Melalui Dizkorea, banyak banget closeted kpopers akhirnya berani menikmati KPOP blak-blakan melalui event kalian, ada memorable experience selama DJ untuk Dizkorea?
Vita: “Memorable scenes ada banyak, apalagi kalau yang dance sampai melantai, seru banget, sih.”
Dinar: “Kalau lihat banyak cowok yang di luarnya nggak kelihatan sebenarnya suka lagu Korea, tapi hapal banget sama lagu-lagunya. Ketika kita play lagu kesukaan mereka, mereka bisa lepas banget untuk ikutan nyanyi dan dance bareng—gue suka banget, sih, lihatnya.”
Sofyan: “Semakin ke sini fanbase yang datang ke acara kita semakin banyak, terus waktu itu ada yang datang bawa bendera gede banget. Jadi seperti dating ke konser, bukan cuma dugem bareng. Seru banget.”
Norman:

“Dizkorea bisa buat orang-orang yang awalnya nggak saling kenal bisa jadi satu geng, bahkan bisa juga jadi pacaran. Menurut gue, the fact that mereka bisa kenal dan deket dari Dizkorea, itu keren.”

Dizkorea sendiri selalu hadir dengan konsep yang baru di setiap eventnya, dan kemarin Dizkorea sempat bikin heboh di berbagai portal news tentang event ‘bachelor party’ kalian, biasanya gimana kalau memilih tema?
Sofyan:

“Kita selalu punya monthly event yang selalu kita cocokkan dengan tanggal-tanggal penting di bulan tersebut, contohnya Valentine dan lainnya. Kebetulan, kemarin sempet heboh berita shotgun marriage, salah satu member group EXO, jadi gue buat event Dizkorea dengan tema ‘Beautiful Kondangan’, kita kerjasama bareng fanbasenya EXO.”

Norman: “Waktu kita buat eventnya, kita nggak kepikiran akan diliput portal news, dibicarakan fanbase internasional, bahkan kita sendiri masuk ke website-website luar negeri.”
Sofyan: “Yang gue suka dari tim kita, tidak ada batasan ruang kreativitas untuk kita semua, tidak ada namanya SOP untuk masing-masing dari kita, semuanya mengalir, jadi enak banget buat konsep event-event kita.”
Dizkorea sendiri sudah hampir 2 tahun berkarya, nih, rencana selanjutnya buat Dizkorea apa?
Norman:

“Target internasional, sejujurnya kita pengen banget bisa main di beberapa negara tetangga. Kita pengen banget merangkul teman-teman yang suka Korea di negara-negara tetangga kalau mereka nggak sendirian suka KPOP, itu dulu aja, sih.”

Editor: Galuh Tathya
Writer: Windyannisa Cindrati
Photographer: Ganang Afriardi
Digital Imaging: Rendra Martin
Stylist: Sasqia Ayuningtyas
Wardrobe: LEGITEAMATE, Hypatia, Broken Echo, NOHO, Labuan, all available at TheFThing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beauty Fest
clozette
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
%d bloggers like this:
INSTAGRAM FOLLOW ON INSTAGRAM
Follow on Instagram