One To Watch For: Chicco Kurniawan

Real actors know very well the risks of their profession. Every movie or soap opera character that they portray is usually contrary to their real life, so they need quite a long time to explore these characters.

Kedapatan memerankan sosok laki-laki yang gemulai di salah satu filmnya, bukannya apes buat Chicco Kurniawan untuk menunjukkan kualitas akting dan profesionalismenya sebagai aktor. Karir aktor berumur 26 tahun ini di dunia entertainment bermula pada tahun 2016 pada saat dia bermain sinetron Catatan Si Boy The Series. Di tahun yang sama, Chicco bermain dalam tiga film, yakni Multiverse: The 13th Step, Dear Nathan dan Posesif.

Di tahun selanjutnya, ia bermain dalam film Stip & Pensil dan Pria. Akting Chicco Kurniawan di film Pria sangat mengagumkan dan dipuji oleh banyak film enthusiasts. Ia begitu menjiwai, seolah menjadi satu dalam perannya sebagai Aris. Maka nggak heran kalau Chicco masuk dalam beberapa nominasi di ajang penghargaan ternama.

Some said that acting can be a cathartic experience. What do you think?
I wouldn’t say it’s therapeutic for me. Tapi buat gue, saat gue nyobain akting, gue ternyata menemukan banyak hal yang baru. Dari akting tuh gue belajar banyak tentang orang lain. I found out that as a person, gue bisa belajar berempati sama orang. Itu membuat gue bisa discover diri gue sendiri lebih dalam, in a way. Dan itu yang membuat gue sampai sekarang masih menjalani ini full time.”
Pernah nggak terbawa peran terlalu dalam yang menyebabkan bersikap sehari-hari jadi beda. How do you deal with that?

“Yes, pernah, pada saat gue memerankan Aris di Pria, dan juga pada saat gue main di Tidal Wave. Itu gue rasain pada saat realitynya pindah ke diri gue sendiri. Apalagi pada saat lo menjadi aktor, lo punya tanggung jawab untuk deliver satu karakter ini dan nggak ada safety net di mana lo bisa keluar dari karakter tersebut. Terbawa karakter tuh ngeri, cuy. Contohnya, setelah gue kelar shooting film Pria, gue jadi tiba-tiba mempertanyakan seksualitas gue sendiri. But, it made me grow as a person. Whether it’s in a good way or not, gue merasa gue itu tumbuh. Which is good.”

You’ve acted in different genre of movies and have portrayed different kind of roles. Ada nggak peran lainnya yang pengen ekplor setelah ini?

Gue sebagai aktor itu selalu tertantang dengan peran apapun. Jadi, tergantung dari gue bagaimana gue menanggapi peran tersebut. Tapi kalau ditanya, gue pengen banget jadi salah satu karakter dari Mahabharata karena itu menarik banget buat gue. Pada saat lo memerankan manusia biasa, itu masih bisa gue cari. Tapi karakter wayang itu adalah sebuah legenda, that just intrigues me in a way and it’s a challenge for me as an actor.”

Tshit by Forrester

Sebagai salah satu aktor dari Indonesia, apa yang ingin dicapai selanjutnya dan apa harapan ke depannya untuk industri perfilman di Indonesia?

For me, personally, sebuah pencapaian itu bukan dihitung dari apa penghargaan atau nominasi yang didapetin. To share a little bit of my story, pada saat gue screening film Pria, ada 3 cowok yang meluk gue sambil nangis dan bilang bahwa peran Aris itu menolong mereka menyampaikan apa yang mereka nggak bisa ungkapkan selama ini. Itu dia. Pencapaian buat gue adalah pada saat yang gue lakuin itu berefek ke orang lain dan bisa membantu mereka in a way. Tujuan gue itu untuk ngerasain hal itu lagi. For the industry, gue berharap industri film lebih jelas untuk kedepannya terhadap hal yang ingin diraih. Nggak cuma untuk sekedar pingin bikin film yang laku, atau film yang bagus, tapi se-simpel film itu bisa diterima atau nggak. Semoga industri film selanjutnya bisa lebih merhatiin apa yang terjadi di sekitar kita.”

Editor: Galuh Tathya
Writer: Dela Naufalia
Photographer: Rian Pandu
Digital Imaging: Ari Angga
Stylist: Sasqia Ayuningtyas
Wardrobe: Forester, Issue42, available at The F Thing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beauty Fest
clozette
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
%d bloggers like this:
INSTAGRAM FOLLOW ON INSTAGRAM
Follow on Instagram