Seniman Asal New York, Tyrrell Winston, Mengubah Sampah Menjadi Karya Seni

Pelukis asal Brooklyn ini memang sudah ternama dengan hobinya membuat sampah daur ulang di NYC menjadi benda-benda dengan estetika tinggi. Mulai dari puntung rokok, bola basket yang sudah dikempeskan, jaring yang sudah rusak, dan barang-barang kumuh lainnya.

Hasil karya seninya memiliki aspek sosial tersendiri – Tyrrell ikut turun tangan membersihkan sampah di tengah jalan untuk menambahkan koleksi barang-barang kumuhnya. Menurutnya, “Sebuah karya tidak akan ada tanpa perubahan dari lama ke baru, aksi ini juga bagian layanan masyarakat yang juga adalah bagian dari membuat karya seni.”
Dia merasa bahwa komponen dalam karya seninya telah membuat sejarah, sesederhana seperti sebuah puntung rokok yang ditemukan di depan sebuah bar yang kita tidak tahu pemiliknya siapa dan bagaimana puntung rokok itu bisa ada di depan bar tersebut. Di sisi lain, Tyrrell secara tidak langung berkontribusi dalam bagaimana cerita itu terbentuk karena dia yang mengubah objek tersebut menjadi sesuatu yang indah dan mencuri perhatian.
“Benda-benda ini memiliki lebih banyak kesamaan dari yang kita pikirkan, hanya dengan melihat barang-barang ini untuk pertama kalinya.” Menurutnya, kedua objek ini berhubungan dengan udara. “Rokok menghisap udara dari sebuah ruangan, dan udara adalah simbol harapan untuk sebuah bola basket – harus ada udara di dalam bola basket.” Baginya, rokok adalah salah satu penyakit sosial yang paling diterima secara sosial.
INSTAGRAM FOLLOW ON INSTAGRAM
Load More...