Skin Care Tips untuk Kulit Berminyak

Kamu punya kulit wajah yang cenderung berminyak? Kalau nggak dirawat dengan baik, beware to not have various skin problems later on. Kulit wajah yang berminyak akan lebih mudah berjerawat dan berkomedo. Akibatnya, kamu jadi nggak pede untuk beraktivitas. Jadi kamu nggak perlu khawatir. Kali ini Letter F akan membahas mengenai skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo.

Pemilik tipe kulit berminyak akrab dengan permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo. Penyebabnya adalah produksi minyak berlebih yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Oleh karena itu tipe kulit berminyak dianjurkan memilih produk skincare dengan fungsi oil control. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik kulit berminyak adalah pori-pori nampak besar, kusam, serta rentan mengalami komedo dan jerawat. Masalah-masalah tersebut bisa mengganggu penampilan dan untuk meminimalisir hal tersebut, lakukan rutinitas skin care untuk kulit berminyak di pagi dan malam hari seperti ini.

In the morning
  • Double cleansing. Ketika tidur semalaman, produksi minyak di kulit mencapai puncaknya. Maka dari itu jangan heran pada waktu bangun tidur kamu kulit akan terasa sangat berminyak. Sehabis bangun tidur, bersihkanlah wajah menggunakan pembersih wajah khusus kulit berminyak. Pertama-tama gunakan micellar water, kemudian lanjutkan dengan facial foam.
  • Control face oil with toner. For oily skin, it’s necessary to use a special toner for oily skin that is used after cleansing the face. Toner berperan sebagai penyegar sekaligus mengangkat sisa kotoran atau produk pembersih wajah. Memakai toner juga membantu penyerapan skin care selanjutnya untuk berfungsi maksimal.
  • Nutrition your skin with serum. It is forbidden to forget using serum! This product is also important in a series of skin care products for oily skin since oily skin also requires adequate nutrition. Sebaiknya pakailah yang bertekstur watery karena cenderung ringan sehingga mudah diserap dan nggak lengket di kulit. Pilih serum untuk kulit wajah berminyak yang membantu menyamarkan tampilan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih.
  • Moisturizer is a must! Belum tentu wajah berminyak udah terhidrasi dengan baik, justru kulit menghasilkan lebih banyak minyak agar kulit tetap terhidrasi. Sehingga pelembap tetap harus digunakan untuk mencegah kelembapan kulit kamu hilang. Namun, hindari menggunakan pelembap yang memiliki kandungan utama minyak dan pilih pelembap dengan kandungan air yang tinggi.
  • Protect your skin with sunscreen. A sign of a healthy skin is looking bright. Skin care untuk kulit berminyak yang nggak boleh dilupakan adalah penggunaan sunscreen. Produk ini penting untuk melindungi kulit dari dampak negatif sinar UVA dan UVB. Untuk kulit berminyak, pilih chemical sunscreen yang mudah menyerap dan cenderung membuat tampilan kulit lebih matte.
In the night
  • Double cleansing. Sama seperti pagi hari, skin care untuk kulit berminyak di malam hari perlu memerlukan double cleansing untuk seluruh wajah. Produknya sama dengan skin care di pagi hari, namun pastikan wajah kamu completely cleansed. Apalagi setelah beraktivitas seharian dan menggunakan makeup. Pakai oil-based cleanser untuk menghapus makeup dan sunscreen dari wajah.
  • Exfoliate! Lakukan eksfoliasi demi mengangkat sel-sel kulit mati. Tapi ini nggak boleh dilakukan setiap hari, cukup sekali seminggu. Kamu dapat memilih physical atau chemical exfoliator sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.
  • Wear toner, essence or serum. Sama dengan pagi hari, skin care routine untuk kulit berminyak saat malam hari perlu memakai toner, essence, dan serum. Toner digunakan untuk mengembalikan kelembapan kulit, sementara essence membantu produk skin care lainnya untuk bisa meresap dan bekerja maksimal pada kulit wajah. Lanjutkan dengan pemakaian serum untuk menutrisi kulit.
  • Face mask is necessary too. Kalau kamu suka memakai masker wajah, coba biasakan pakai setiap 2 sampai 3 kali seminggu. Satu tips penting, sebaiknya pilih sheet mask yang memang dikhususkan untuk pemilik kulit berminyak atau gunakan clay mask yang mampu menghilangkan minyak berlebih dari pori-pori.
  • Moisturizer to wrap it all up. Skin care untuk wajah berminyak di malam hari dapat kamu tutup dengan penggunaan pelembap. Pada saat tidur, kulit berkesempatan untuk melakukan regenerasi kulit. Penggunaan pelembap dapat membantu proses regenerasi kulit supaya senantiasa kenyal keesokan harinya.

Baca Juga : How To Take Care of Your Fine Jewelry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Premium Store at the F thing
clozette
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
%d bloggers like this:
INSTAGRAM FOLLOW ON INSTAGRAM

letterf.id

Load More... Follow on Instagram