13 Penyebab Sinyal XL Hilang Hari Ini Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Letterf.id – Gangguan jaringan sudah cukup sering terjadi di setiap provider, salah satunya adalah XL. Gangguan yang terjadi pun bisa di sebabkan oleh berbagai faktor.

Tentu gangguan tersebut akan menghambat sebagian dari aktivitas yang kita lakukan dan tak sedikit dari kita yang belum mengetahui apa saja penyebab sinyal Xl hilang, gangguan dan bahkan lemot.

Untuk itu mari simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui penyebab sinyal XL hilang serta cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut agar kualitas internet bisa berfungsi kembali dengan baik.

Sekilas Tentang Jaringan XL

XL Axiata merupakan sebuah perusahaan telekomuni kasimilik PT XL Axiata Tbk yang berfokus pada layanan seluler, layanan data dan juga internet. Jaringan XL pun menyebar ke seluruh daerah di Indonesia baik perkotaan maupun pedesaan.

Sinyal XL Hilang Hari Ini
XL Axiata

Seiring berjalannya waktu XL makin berkembang pesat dan sering menghadirkan produk – produk baru seperti paket data murah, program loyalitas pelanggan, dan layanan 4G LTE untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Penyebab Sinyal XL Hilang Hari Ini

Meskipun XL memiliki ribuan menara dan infrastruktur jaringan yang tersebar di seluruh daerah namun tidak menutup kemungkinan bahwa kadangkala sinyal XL mengalami gangguan yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Hilangnya sinyal XL tentu membuat pengguna terganggu sehingga sulit untuk mengakses jaringan internet dan banyak pengguna yang belum mengetahui apa saja penyebab sinyal xl hilang hari ini. Adapun penyebab sinyal XL hilang hari ini di sebabkan oleh hal – hal berikut ini :

Jarak Dengan Menara Seluler

Penyebab sinyal XL hilang hari ini salah satunya adalah jarak dengan menara seluler. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jarak menara seluler sangat berhubungan secara signifikan pada kualitas sinyal yang dihasilkan.

Dimana semakin jauh berada dari menara seluler, semakin lemah intensitas sinyal yang diterima oleh perangkat. Ini dapat mengakibatkan sinyal yang kurang kuat bahkan juga menyebabkan sinyal menjadi hilang.

Tak hanya itu jika terllau banyak orang yang berada di dekat menara seluler maka konjungsi jaringan pun akan terjadi. Sebab terlalu banyak orang yang mengakses jaringan tersebut secara bersamaan yang menyebabkan kualitas layanan jaringan menurun.

Gangguan Cuaca

Penyebab sinyal XL hilang hari ini selanjutnya disebabkan oleh gangguan cuaca. Ternyata cuaca yang buruk sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan dari sebuah jaringan. Faktor yang mempengaruhi pun cukup beragam, antaranya sebagai berikut :

  • Air hujan dapat menyerap atau memantulkan sinyal radio frekuensi yang digunakan oleh ponsel sehingga apabila hujan lebat terjadi di wilayah pengguna maka otomatis sinyal akan rusak bahkan hilang.
  • Angin kencang juga menjadi faktor yang cukup mempengaruhi sebab angin kencang dapat menyebabkan beberapa infrastuktur jaringan rusak seperti menara seluler atau bahkan infrastruktur jaringan lainnya.
  • Petir yang kuat juga dapat membuat beberapa infrastuktur mengalami kerusakan bahkan banyak kasus yang sampai membutuhkan perbaikan dari pihak terkait.

Gangguan Fisik

Bangunan dengan dinding tebal, ketinggian, atau struktur bangunan lainnya dapat menghalangi sinyal sebuah jaringan. Bangunan tinggi dapat mempengaruhi sebab dapat menghalangi pantulan sinyal.

Hal tersebut bisa terjadi karena ada beberapa bahan bangunan yang terbuat dari bahan yang dapat meredam sinyal radioaktif. Ini disebabkan oleh hambatan fisik yang disediakan oleh dinding dan struktur bangunan yang padat.

Kartu SIM Bermasalah

Kartu SIM adalah komponen penting dalam proses komunikasi nirkabel, karena berisi informasi penting yang diperlukan oleh jaringan seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang digunakan dan menghubungkannya ke jaringan.

Sinyal XL Hilang Hari Ini
Kartu SIM Bermasalah

Jika kartu SIM yang digunakan mengalami masalah, tak hanya data seluler yang bermasalah tetapi melakukan panggilan bahkan mengirimkan pesan juga akan terhambat karena kualitas layanan yang hilang.

Jenis kerusakan kartu SIM pun cukup beragam di mulai dari kerusakan fiisk seperti tergores, patah, terlipat dan bahkan kotor. Selain itu jika kartu SIM terkena air atau panas yang berlebih, kerusakan pun akan terjadi.

Kesalahan Perangkat

Selain dari kartu SIM ataupun jaringan itu sendiri, penyebab sinyal XL hilang hari ini juga bisa disebabkan oleh kesalahan pada perangkat yang sedang digunakan. Baik itu perangkat keras ataupun perangkat lunaknya.

Bug atau masalah perangkat lunak pada sistem ponsel juga dapat memengaruhi kualitas sinyal. Pembaruan sistem operasi yang buruk atau konfigurasi yang salah dapat menyebabkan sinyal melemah.

Beberapa kerusakan pada komponen hardware lainnya, seperti kerusakan pada motherboard atau komponen konektivitas, bisa memengaruhi kualitas sinyal serta kerusakan slot SIM juga akan mempengaruhi kualitas sinyal.

Cara Mengatasi Sinyal XL Hilang Hari Ini

Setelah mengetahui beberapa penyebab sinyal XL hilang hari ini yang telah di paparkan di atas, kita juga akan membahas bagaimana cara mengatais hal tersebut agar pengguna XL bisa menikmati akses internet kembali dengan nyaman.

Untuk mengatasi sinyal XL hilang hari ini ada beberapa cara yang bisa di ikuti , antara lain :

Cari Area Terbuka

Ketika kamu sedang berada di sebuah bangunan yang sulit unutk mendapatkan sinyal internet cobalah untuk mencari area yang terbuka untuk mendaptkan sinyal yang lebih baik sebab kemungkinan besar area yang terbuka akan lebih mudah untuk menangkap sinyal.

Sinyal XL Hilang Hari Ini
Cari Sinyal Di Area Terbuka

Hal tersebut akan membantu dikarenakan salah satu penyebab sinyal XL hilang hari ini adalah bangunan yang tinggi. Maka dari itu mencari area terbuka bisa menjadi cara mengatasi sinyal XL yang hilang.

Cek Kondisi Kartu SIM

Cara mengatasi sinyal XL hilang hari ini selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi kartu SIM. Apabila kondisi SIM dalam keadaan kotor, hal yang bisa dilakukan adalah mengusap kuningan dengan tisu atau kain secara lembut.

Namun apabila kondisi kartu SIM patah ataupun terlipat sangat kecil kemungkinan untuk dilakukan perbaikan secara manual. Biasanya, operator seluler akan menggantikan kartu SIM yang rusak dengan kartu yang baru dengan nomor yang sama.

Restart Ponsel

Meskipun merestart ponsel tidak memperbaiki sinyal secara keseluruhan namun dengan merestart ponsel tetapi dalam situasi tertentu merestart ponsel dapat mengoptimalkan sinyal yang hilang akibat gangguan.

Merestart ponsel akan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Kadang-kadang, ada aplikasi tertentu yang dapat mengganggu koneksi data atau sinyal ponsel. Dengan menutup dan membuka ulang aplikasi, koneksi akan berjalan lagi dengan stabil.

Sinyal XL Hilang Hari Ini
Restart Ponsel

Restart juga akan memuat ulang pengaturan sistem ponsel yang di gunakan. Beberapa masalah dengan sinyal bisa disebabkan oleh konfigurasi sistem yang tidak optimal. Restart dapat membantu memperbaiki masalah ini.

Mengubah Jaringan

Cara mengatasi sinyal XL selanjutnya adalah dengan mengubah jaringan. Kadangkala jaringan hilang di sebabkan oleh tidak adanya jaringan yang mendukung di daerah tersebut.

Apabila jaringan yang tersedia di wilayah tersebut hanya 3G sementara jaringan yang kamu gunakan 4G Lte. Otomatis ponsel yang kamu gunakan tidak dapat mengakses jaringan tersebut dan menyebabkan kehilangan sinyal.

Baca Juga : Jaringan Tri Gangguan Hari Ini ? Ini 13 Penyebab Dan Solusinya

Untuk itu hal yang diperlukan adalah dengan mengubah jaringan yang sesuai dengan wilayah yang di tempati. Cara mengubah jaringan bisa dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Buka menu Pengaturan atau Setting pada perangkat yang digunakan.
  • Setelah itu pilih menu Jaringan Seluler. Kamu bisa menemukannya melalui kolom pencarian yang telah tersedia.
  • Pilih kembali menu Jaringan Seluler.
  • Kemudian pada opsi Mode Jaringan SIM , silahkan pilih opsi jaringan yang sesuai pada daerah tersebut.
  • Setelah itu off kan data seluler sementara kemudian on kan kembali untuk mencoba memulai jaringan kembali.

Selain dari menu pengaturan, kamu bisa mencoba cara mengubah jaringan melalui kode dial dengan cara berikut ini :

  • Pertama silahkan off kan data seluler yang digunakan.
  • Pada menu telepon, silahkan ketik *#*#4636#*#*.
  • Kemudian panggil untuk menemukan informasi telepon.
  • Ubah jaringan sesuai dengan jaringan yang tersedia pada wilayah yang di tempati.
  • Setelah itu on kan kembali data seluler untuk memulai kembali.

Mengatur APN XL

Access Point Name atau yang biasa di sebut dengan APN merupakan sebuah pengaturan yang di gunakan pada perangkat seluler untuk mengakses jaringan data dan layanan internet dari operator seluler.

Sehingga untuk mengakses data XL diperlukan adanya pengaturan APN XL tersebut. Cara mengatur APN XL adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Pengaturan pada perangkat yang digunakan.
  • Setelah itu masuk ke menu Jaringan Seluler dan pilih Jaringan dan Internet.
  • Pilih menu Nama Titik Akses kemudian masukkan pengaturan APN sebagai berikut :
Nama APN XL
Nama Pengguna XL atau XLGPS
Password XL
Proxy Kosongkan
Port Kosongkan
  • Jika sudah selanjutnya simpan pengaturan APN.
  • Aktifkan kembali data seluler untuk bisa menggunakan jaringan seluler.

Hubungi Customer Service XL

Jik beberapa cara yang kamu coba di atas tak kunjung membantu pulihnya sinyal XL yang hilang, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi customer service XL. Menghubungi CS XL bisa melalui beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut :

Call Center 817
Email customerservice@xl.co.id
Facebook @myXL
Twitter @myXLCare

Selain itu kamu bisa menghubungi customer service XL melalui live chat dan aplikasi MyXL. Caranya adalah sebagai berikut :

Melalui Live Chat

  • Silahkan kunjungi halaman website XL melalui xl.co.id.
  • Setelah itu pilih box chat yang terletak pada pojok kanan bawah tampilan layar.
  • Kemudian kamu akan di minta untuk mengisi data diri, silahkan isi data diri tersebut.
  • Lalu pilih opsi Start Chat.
  • Sampaikan kendala yang kamu alami terkait sinyal XL yang hilang.
  • Tunggu beberapa saat hingga pertanyaan kamu berhasil dijawab.

Melalui Aplikasi MyXL

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi MyXL melalui PlayStore ataupun AppStore.
  • Setelah itu masuk ke aplikasi dengan nomor XL yang kamu miliki.
  • Jika sudah, silahkan pilih menu Bantuan.
  • Selanjutnya pilih channel layanan yang kamu inginkan.
  • Tunggu beberapa saat hingga adanya jawaban dari pihak yang terkait.

Tips Ketika Sinyal XL Hilang

Meskipun cara mengatasi sinyal XL hilang hari ini telah di paparkan diatas, ada beberapa tips yang harus di ketahui ketika sinyal XL hilang, yakni sebagai berikut :

  • Menonaktifkan mode pesawat sementara dan kemudian menghidupkannya kembali.
  • Coba kartu SIM pada perangkat lain untuk memastikan letak kerusakan yang valid berada pada kartu SIM atau perangkat yang digunakan.
  • Periksa tagihan agar layanan tetap selalu di aktfikan sebab apabila terdapat tagihan maka layanan akan di nonaktifkan.
  • Periksa masa kadaluarsa kartu, apakah masih aktif atau tidak.
  • Gunakan alternatif jaringan seperti menggunakan provider lain ataupun WiFi.

Perlu di ingat bahwa masalah sinyal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk lokasi geografis  dan kondisi jaringan. Jika masalah terus berlanjut, penting untuk menghubungi layanan pelanggan XL atau operator seluler untuk bantuan lebih lanjut.

Baca Juga : 7+ Daftar Kode Voucher Axis AIGO Terbaru 2023

Demikian penjelasan mengenai penyebab sinyal XL hilang hari ini, kiranya cara beserta tips yang diberikan dapat membantu pengguna dalam menggunakan jaringan internet lebih baik lagi. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *