13 Penyebab Tri Tidak Ada Layanan Hari Ini Dan Solusinya

Diposting pada

Letterf.id – Kartu Tri tidak ada layanan pada umumnya disebabkan karena jaringan 3 sedang bermasalah yang ditandai dengan hilangnya bar sinyal kartu SIM di Ponsel yang kamu gunakan.

Tri atau yang biasa disimbolkan dengan angka 3 adalah salah satu penyedia jaringan seluler yang dikeluarkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison yang tersebar diseluruh Indonesia.

Provider yang satu ini juga dikenal dengan harganya yang murah dari segala jenis paket langganan dan pembelian yang disediakan mulai paket nelpon, SMS hingga paket internet.

Apa Itu Kartu 3 Tidak Ada Layanan?

Kartu 3 tidak ada layanan adalah indikasi bahwa perangkat seluler yang menggunakan kartu SIM Three saat itu tidak dapat terhubung atau menemukan jaringan seluler 3 (Tri).

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor termasuk lokasi Anda yang berada di area yang tidak tercakup oleh jaringan Tri, masalah teknis dengan perangkat atau bahkan masalah dengan kartu SIM itu sendiri.

Dalam situasi seperti ini, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memastikan bahwa kartu SIM telah dimasukkan dengan benar dan perangkat telah dihidupkan ulang.

Jika pesan Tidak Ada Layanan tetap muncul maka perlu untuk memeriksa masalah lain seperti status pembayaran atau melaporkan masalah jaringan ke penyedia layanan Tri jika diperlukan.

Notifikasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan

Namun beberapa pelanggan sering dikeluhkan oleh jaringan yang dimiliki provider yang satu ini. Apalagi jika kondisi dalam keadaan hujan ataupun mati lampu, jaringan Tri bisa tiba-tiba saja hilang dan sangat sulit untuk digunakan.

Apalagi untuk wilayah yang terpencil, jaringan Tri belum tersebar sehingga sulit sekali untuk mengakses internet. Jaringan akan melemah dan akan lola ketika digunakan.

Dan untuk keluhan yang lain, pelanggan dikeluhkan dengan jaringan Tri tidak ada layanan. Nah berikut ini akan dibahas apa penyebab dari hal tersebut agar pengguna dapat mengatasinya ketika mengalami kejadian yang serupa.

Penyebab Tri Tidak Ada Layanan Hari Ini

Pasti kamu pernah merasakan ketika sedang menggunakan Smartphone tiba-tiba handphone menunjukkan bawah jaringan tidak ada layanan. Tentu saja hal tersebut membuat kita jengkel karena akan membuat akses internet Tri terputus.

Oleh sebab itu, simak beberapa penyebab Kartu Tri tidak ada layanan berikut ini ;

Jaringan Tri Bermasalah

Penyebab SIM kartu Tri tidak ada layanan pertama yaitu karena jaringan provider Tri sedang bermasalah misalnya apabila lokasi yang sedang kita tempati jauh dari tower sinyal maka jaringan pun juga akan semakin jauh.

Kartu Tri Tidak Ada Layanan Dan Solusinya
Kartu Three Bermasalah

Hal inilah yang membuat jaringan menunjukkan tidak ada layanan. Ketika jaringan melemah atau bahkan hilang akan membuat beberapa fungsi dari kartu SIM tidak dapat bekerja dengan baik.

Lokasi Belum Support Jaringan Tri

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jaringan Tri belum tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia secara maksimal, apalagi di daerah pedalaman atau bahkan pegunungan.

Karena belum tersedia di berbagai tempat, maka sinyal Tri akan menunjukan notifikasi tidak ada layanan akibat koneksi jaringan ke provider hilang atau bahkan terputus karena berada di lokasi yang tidak mendukung.

Sistem Provider 3 Error

Bukan hanya dari jaringan yang menyebabkan kartu SIM tidak memiliki layanan tetapi kadangkala bisa terjadi dari sistem provider yang sedang error karena adanya perbaikan server (Maintenance).

Kartu Tri Tidak Ada Layanan Dan Solusinya
Tri Sedang Maintenance

Biasanya apabila ada pembaharuan sistem pada provider Tri maka untuk sementara kartu SIM tidak akan dapat digunakan (indikasi sinyal hilang) sehingga kerap muncul notifikasi tidak ada layanan.

Tembaga Pada Kartu SIM Tri Tergores

Bagi yang sering gonta ganti kartu SIM dan penyimpanannya tidak ke tempat yang baik, dapat membuat tembaga pada kartu SIM Tri akan tergores sehingga ketika mencoba menggunakannya akan muncul tidak ada layanan.

Fyi, tembaga atau kuningan pada kartu SIM tersebut yang berfungsi untuk mentransfer data yang ada sehingga ketika tergores akan akan menyebabkan kartu SIM Tri error.

Posisi Kartu SIM 3 Tidak Sesuai

Pastikan kartu SIM ditempatkan dengan benar dalam slot SIM sesuai dengan panduan dan petunjuk pada HP kamu. Kartu SIM biasanya memiliki tanda potongan sudut yang sesuai dengan posisi yang benar.

Jika posisi kartu SIM tidak sesuai tentunya akan menyebabkan kartu SIM tidak terbaca yang mengakibatkan kartu 3 tidak ada layanan internet.

Ada Komponen HP Yang rusak

Meskipun hal ini termasuk yang jarang terjadi namun penyebab kartu SIM tidak ada layanan juga bisa disebabkan dari adanya komponen dari perangkat yang digunakan yang membuat SIM menjadi tidak terbaca pada sistem.

Hal ini biasanya terjadi karena ponsel yang kamu gunakan sudah tidak support kartu GSM sehingga penggunaan provider dengan label GSM akan di batasi secara otomatis.

Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan Internet

Setelah mengetahui apa penyebab kartu SIM 3 di HP kamu menunjukkan notifikasi tidak ada layanan, selanjutnya kamu sudah dapat mengatasi hal tersebut agar paket internet Tri bisa digunakan kembali.

Berikut beberapa cara mengatasi kartu Tri yang tidak ada layanan :

Pastikan Lokasi Support Kartu Tri

Sebelum menggunakan jaringan Tri ada baiknya untuk memastikan wilayah yang kamu tempati telah mendukung adanya jaringan Tri agar disaat penggunaanya tidak mengalami kendala.

Apabila lokasi tersebut tidak mendukung penggunaan kartu Tri, sebaiknya kamu harus menggunakan kartu SIM lain yang mendukung seperti Telkomsel, XL / AXIS atau Indosat.

Restart Jaringan Dengan Mode Pesawat

Selanjutnya kamu dapat mengubah jaringan sementar kedalam mode pesawat. Hal ini bertujuan untuk menormalkan kembali jaringan Tri yang sempat mengalami error.

Berikut cara merestart jaringan Tri agar notifikasi tidak ada layanan hilang :

  • Pertama tarik layar handphone dari atas kebawah hingga muncul Bar Mode Pengaturan cepat.
  • Tekan menu mode pesawat yang disimbolkan dengan gambar pesawat.
Kartu Tri Tidak Ada Layanan Dan Solusinya
Aktifkan Mode Pesawat Ponsel
  • Hidupkan mode pesawat selama kurang lebih 10 hingga 20 detik.
  • Kemudian ubah kembali menjadi data seluler.
  • Selanjutnya secara otomatis layanan jaringan akan normal kembali.

Lepas Dan Pasang Kembali Kartu SIM Tri

Jika masih belum berfungsi normal, kamu dapat melepas kartu SIM Tri yang terpasang di HP kamu lalu periksa kembali apakah kartu SIM masih normal atau tidak.

Tunggu beberapa kemudian pasang kembali kartu SIM dengan posisi yang sesuai. Jika hal ini masih tidak bisa, maka coba tempatkan kartu SIM pada handphone yang lain.

Kamu juga bisa menggunakan kartu SIM yang lain, dari hal ini kita akan mengetahui apakah kartu SIM yang sedang bermasalah atau handphone yang sedang mengalami kerusakan.

Bersihkan Kartu Tri

Penempatan kartu yang tidak baik bisa jadi salah satu penyebab tidak ada layanan jaringan. Sehingga ketika menggunakannya ada baiknya untuk membersihkan kartu SIM terlebih dahulu agar dapat terbaca pada sistem operasi handphone.

Kartu Tri Tidak Ada Layanan Dan Solusinya
Jaringan Tri Hilang

Pembersihannya bisa dilakukan dengan cara mengelap bagian tembaga dengan menggunakan tisu secara lembut agar kotoran yang menempel hilang.

Apabila terdapat goresan goresan kecil pada kartu SIM  cara menghilangkannya bisa menggunakan penghapus karet.

Penghapus karet digosokkan kebagian tembaga kartu secara perlahan hingga permukaan yang tergores tampak memudar, kemudian coba pasangkan kembali kartu SIM pada handphone.

Hubungi Customer Service Tri

Jika kendala yang kamu rasa tidak terletak pada penyebab yang dijelaskan diatas, kamu dapat memilih opsi terakhir yaitu menyampaikan keluhan atau bertanya kepada customer service dari provider Tri .

Customer service akan menerima keluhan 24 jam dan tersedia kedalam beberapa pelayanan seperti :

  • Telepon : 132 (Rp 300/panggilan untuk prabayar) atau 0896 44000 123 (berbayar).
  • Email : 3Care@three.co.id.
  • Whatsapp : 08999800123.
  • Facebook : Tri Indonesia.
  • Twitter : @3CareIndonesia.
  • Telegram : TriIndonesiaCare.

Jika menggunakan call center gunakan nomor yang sesuai dengan wilayah yang ditempati agar keluhan yang disampaikan dapat diatasi dengan segera.

Service Handphone

Jika ternyata masalahnya terletak pada ponsel yang sedang kamu gunakan, maka kamu bisa membawa ponsel ke tempat perbaikan (service).

Namun sebelum membawa handphone ketempat perbaikan ada baiknya untuk mencadangkan data data yang diperlukan terlebih dahulu agar menghindari kehilangan data apabila dilakukan perbaikan lebih lanjut pada handphone.

Sim Card 3 Terbaca Tapi Tidak Ada Layanan

Penyebab umum dari masalah Sim Card kartu 3 terbaca tapi tidak ada layanan bisa berasal dari beberapa faktor seperti adanya masalah jaringan, masalah kartu SIM atau masalah dengan perangkat.

Salah satu penyebabnya mungkin adalah gangguan jaringan yang memengaruhi sinyal dari penyedia layanan seperti pemeliharaan jaringan atau kelebihan kapasitas di area tertentu.

Selain itu, bisa juga terjadi masalah dengan kartu SIM itu sendiri seperti kerusakan fisik atau kerusakan pada bagian elektroniknya.

Masalah pada perangkat seperti pengaturan jaringan yang salah atau perangkat yang tidak kompatibel dengan jaringan Three juga bisa menyebabkan masalah tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba langkah-langkah sederhana seperti melepas dan memasang kembali kartu SIM, memeriksa pengaturan jaringan pada perangkat atau mencoba menggunakan kartu SIM di HP lain.

Jika langkah-langkah sederhana tersebut tidak berhasil, maka kamu dapat menghubungi layanan pelanggan 3 untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

CS Three memeriksa status jaringan di daerah kamu saat ini, memeriksa status akun atau memberikan saran lebih lanjut tentang cara mengatasi masalah.

Jika masalahnya terkait dengan kartu SIM, maka CS 3 akan meminta kamu untuk mengganti kartu SIM yang rusak atau mengeluarkan kartu SIM yang terblokir.

Cara Mengatasi Tri Tidak Ada Sinyal

Jika kamu mengalami masalah dengan jaringan Tri di mana tidak ada sinyal, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut :

  • Cek Ketersediaan Sinyal – Pastikan bahwa jaringan Tri tersedia di wilayah kamu saat ini atau coba berpindah ke daerah yang terbuka atau tinggi untuk meningkatkan sinyal yang didapat.
  • Restart Perangkat – Coba restart perangkat kamu, seperti ponsel atau modem. Setelah restart, coba kembali untuk terhubung dengan jaringan Tri.
  • Periksa Kartu SIM – Pastikan kartu SIM kamu telah terpasang dengan benar dan tidak ada kerusakan pada kartu SIM.
  • Cek Pengaturan Jaringan – Pastikan juga bahwa ponsel atau modem kamu telah diatur untuk menggunakan jaringan Tri.
  • Cek Kuota 3 – Jika kuota telah habis, pembelian ulang kuota dapat dilakukan melalui aplikasi atau website resmi Tri.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mencoba untuk mengatasi masalah Tri tidak ada sinyal. Jika masalah terus berlanjut, sebaiknya segera menghubungi layanan pelanggan Tri untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tips Mengatasi Jaringan Tri Bermasalah

Jaringan Tri yang bermasalah bisa membuat pengguna merasa frustasi karena hal ini dapat mengganggu akses internet, telepon, maupun SMS.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu mengatasi jaringan Tri yang bermasalah :

Periksa Koneksi Internet

Pastikan kamu berada di daerah yang tercakup oleh jaringan Tri. Pastikan juga sinyal di ponsel kamu cukup kuat dan stabil.

Cobalah untuk memindahkan diri ke tempat yang lebih terbuka atau tinggi untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Restart Ponsel

Coba restart perangkat kamu, seperti ponsel atau modem. Hal ini bertujuan untuk me-refresh koneksi yang terdapat di beberapa perangkat khususnya di Ponsel yang sedang kamu gunakan.

Setelah restart, coba hidupkan kembali ponsel untuk terhubung dengan jaringan Tri lalu pastikan notifikasi jaringan Tri bermasalah sudah hilang.

Cek Sisa Kuota Tri

Pastikan kamu masih memiliki kuota yang cukup untuk melakukan aktivitas internet atau telepon. Jika kuota telah habis, pembelian ulang kuota dapat dilakukan melalui aplikasi atau website resmi Tri, dengan cara :

  • Buka aplikasi Bima+.
  • Masukkan nomor telepon 3 (Tri) lalu klik lanjutkan.
Kartu Tri Tidak Ada Layanan Dan Solusinya
Cek Sisa Kuota Tri
  • Tunggu kode verifikasi via SMS.
  • Masukkan kode verifikasi kemudian klik lanjutkan.
  • Tunggu hingga aplikasi menampilkan sisa kuota Tri yang kamu miliki.

Atur Ulang Jaringan

Jika masih tidak berhasil, cobalah untuk mengatur ulang jaringan ponsel atau modem kamu. Pada smartphone, cari opsi Reset Network Settings di pengaturan jaringan.

Pada modem, coba matikan selama beberapa detik, lalu hidupkan kembali atau hubungi layanan pelanggan Modem Tri untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Cek Fisik Kartu Tri

Jika kamu mengalami masalah jaringan dengan kartu Tri (3) jaringan hilang maka sebaiknya lakukan pemeriksaan fisik kartu untuk memastikan tidak ada masalah fisik pada kartu SIM 3 yang kamu gunakan.

Hati-hati keluarkan kartu SIM dari slot SIM pada HP kamu. Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak kartu SIM.

Inspeksi kartu SIM untuk memastikan tidak ada kerusakan fisik seperti goresan, retakan atau kerusakan lainnya. Pastikan juga tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada kartu SIM atau slot SIM.

Tips Menghilangkan Notifikasi Tri Tidak Ada Layanan

Sekian penjelasan mengenai penyebab serta cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tidak ada layanan jaringan pada pengguna provider Tri. Oleh sebab itu, simak beberapa tips mengatasi registrasi kartu Tri tidak ada layanan berikut ini :

  • Periksa apakah kamu berada di area yang memiliki sinyal yang cukup kuat untuk jaringan 3 (Tri).
  • Pastikan kartu SIM telah dimasukkan dengan benar dan aman di HP kamu.
  • Reboot (hidup-mati) HP kamu untuk merestart jaringan.
  • Periksa apakah ada masalah pembayaran atau kredit pada akun kamu jika kamu adalah pelanggan prabayar.
  • Pastikan kamu menghubungi layanan pelanggan 3 (Tri) untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut atau melaporkan masalah jaringan jika itu adalah masalah umum di daerah kamu.

Baca Juga : 13 Penyebab Kuota Tri Tidak Bisa Digunakan Dan Solusinya

Cara diatas ternyata tidak hanya digunakan untuk provider Tri saja loh, apabila mengalami kendala dengan provider lain langkah diatas juga dapat membantu.

Baca Juga : 10 Cara Nelpon Gratis Telkomsel Tanpa Pulsa Ke Semua Operator

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat mengatasi masalah jaringan Tri dengan lebih mudah. Namun, jika masalah terus berlanjut, sebaiknya segera menghubungi layanan pelanggan Tri untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *