11 Cara Mematikan Opsi Pengembang Xiaomi Paling Mudah Dan Praktis

Diposting pada

Letterf.id – Fitur opsi pengembang atau Developer Option merupakan salah satu fitur yang ada di HP Xiaomi yang mungkin belum diketahui banyak orang. Namun tenang saja, fitur ini bisa dinonaktifkan dan diaktifkan kembali kapanpun kita mau. Berikut cara mematikan opsi pengembang Xiaomi yang wajib kamu tahu !

Fitur ini memiliki fungsi tertentu di HP Xiaomi yang tidak semua orang paham, apalagi bagi para pemula. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan modifikasi pada sistem HP sesuai dengan keinginan kamu.

Misalnya mengatur layar, widget hingga pengaturan menu bisa dilakukan dengan mengaktifkan opsi pengembang. Namun jika ingin kembali ke pengaturan awal, maka kamu harus mematikan opsi pengembang ini di HP Xiaomi.

Apa Itu Opsi Pengembang Di HP Xiaomi?

Cara Mematikan Opsi Pengembang Xiaomi
Developer Option Xiaomi

Fitur opsi pengembang atau Developer Option merupakab fitur yang bisa ditemukan di hampir semua merk HP, tak terkecuali HP Xiaomi. Fitur ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk memberi beberapa pengaturan tambahan bagi kamu yang suka ‘ngulik’ atau ‘ngoprek’.

Namun sayangnya tak semua orang paham apa saja manfaatnya dan bagaimana cara menggunakannya. Sehingga jika mereka terlanjur mengaktifkannya, mereka lebih memilih untuk mematikannya. Sehingga apabila kamu kurang paham, mengaktifkan fitur ini tidaklah disarankan.

Sebenarnya mematikan opsi pengembang di HP Xiaomi sangatlah mudah dengan beberapa langkah sederhana. Namun karena keberadaannya yang tersembunyi, orang-orang awam jadi kesulitan untuk mengaktifkan maupun menonaktifkannya.

Apabila fitur ini dalam posisi aktif, biasanya akan muncul sejumlah pengaturan tambahan. Jumlahnya cukup banyak, karena memang tujuannya ialah untuk memfasilitasi kamu yang ingin mendalami sistem ponsel.

Cara Mematikan Opsi Pengembang Xiaomi

Pada dasarnya, fitur opsi pengembang atau Developer Option di HP Xiaomi maupun HP merk lainnya tidaklah mengganggu. Namun karena satu dan lain hal, beberapa pengguna lebih memilih untuk mematikannya. Itu tidaklah masalah, kamu bisa mematikan dan mengaktifkannya kembali kapanpun kamu mau.

Berikut beberapa cara mematikan opsi pengembang di HP Xiaomi paling mudah dan praktis :

1. Melalui Opsi Fiturnya Langsung

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mematikan opsi pengembang di HP Xiaomi ialah dengan melalui opsi fiturnya langsung. Namun perlu dicatat bahwa tak semua HP Xiaomi menyediakan fitur ini secara langsung.

Biasanya hanya beberapa tipe saja yang menyediakan, baik itu HP Xiaomi versi lama maupun versi terbaru. Kendati demikian, cara ini tetap patut dicoba. Siapa tahu bisa bekerja untuk HP Xiaomi milikmu bukan?

Berikut ini langkah-langkah mematikan opsi pengembang melalui fiturnya langsung :

  • Pertama, buka menu Setting atau pengaturan di HP Xiaomi.
  • Berikutnya, scroll atau gulir ke bawah dan pilih opsi Setelan Tambahan.
  • Jika sudah masuk ke opsi tersebut, berikutnya kamu akan melihat cukup banyak opsi atau menu.
  • Carilah tombol Opsi Pengembang. Biasanya terletak di bagian bawah.
Cara Mematikan Opsi Pengembang Xiaomi
Matikan Opsi Pengembang
  • Untuk mematikannya, ketuk opsi tersebut, lalu tekan tombol slide hingga posisinya bergeser.
  • Selesai. Kini fitur opsi pengembang di HP Xiaomi kamu sudah nonaktif.

Namun jika tombol opsi pengembang tidak ada di dalamnya, bisa dipastikan fitur ini memang tidak disediakan di dalam pengaturan.

2. Hapus Data Pengaturan

Jika opsi di atas tidak tampil di dalam menu pengaturan HP Xiaomi milikmu, cara berikutnya yang bisa kamu coba ialah dengan menghapus data pengaturan.

Jika kamu menghapus data pengaturan di HP Xiaomi, maka secara otomatis opsi pengembang juga akan ikut mati atau nonaktif. Cara ini bisa dilakukan di semua HP Xiaomi, apapun tipe dan serinya.

Namun perlu diingat bahwa dengan melakukan cara ini, HP kamu akan kembali ke pengaturan awal. Tapi tenang saja, hal ini tidak akan berpengaruh pada file yang sudah kamu simpan di dalam HP maupun aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang.

Berikut cara mematikan opsi pengembang di HP Xiomi dengan menghapus data pengaturan :

  • Pertama, buka menu Setting atau pengaturan di HP Xiaomi milikmu.
  • Berikutnya, scroll atau gulir ke bawah dan temukan opsi Kelola Aplikasi.
  • Jika sudah ketemu, berikutnya kamu akan melihat daftar semua aplikasi yang kamu pasang di HP.
  • Carilah menu Setelan. Kamu bisa memanfaatkan kolom pencarian dengan mengetik kata kunci Setelan.
  • Jika hasilnya sudah keluar, pilihlah yang paling atas.
  • Setelah itu, gulir ke bawah. Kamu akan melihat opsi Paksa Berhenti dan Hapus Data. Pilih opsi Hapus Data.
  • Selesai.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, opsi pengembang akan secara otomatis mati atau nonaktif dari HP Xiaomi kamu, karena kamu menghapus penyimpanan-penyimpanan yang ada di HP.

Meski kembali ke pengaturan awal, bukan berarti HP Xiaomi kembali ke setelan pabrikan ya! Hanya ada beberapa setelan khusus yang kembali ke awal, sehingga beberapa pengaturan khusus mungkin akan hilang.

Bagaimana menurutmu? Cara di atas terbilang mudah bukan? Tak hanya bisa dilakukan pada HP Xiaomi keluaran terbaru saja, cara ini juga bisa digunakan oleh semua tipe dan seri HP Xiaomi.

3. Menggunakan Opsi Tentang Telepon

Jika kedua cara di atas agak membuatmu bingung, atau kamu tak ingin menghapus penyimpanan atau pengaturan khusus lainnya di HP, silakan coba cara berikut ini ya.

Untuk melakukannya, kamu bisa memanfaatkan menu Tentang Telepon yang ada di pengaturan. Di dalam menu ini kamu bisa mematikan dan menghidupkan kembali opsi pengembang kapanpun kamu inginkan. Untuk menghidupkannya, kamu hanya perlu mengulangi langkah yang sama.

Bagaimana langkah-langkahnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

  • Pertama, masuk ke menu Pengaturan yang ada di HP Xiaomi.
  • Setelah itu, gulir ke bawah dan cari opsi Tentang Telepon.
Cara Mematikan Opsi Pengembang Xiaomi
Opsi Telepon Xiaomi
  • Langkah berikutnya, kamu akan masuk ke menu Tentang Telepon, tap beberapa kali di opsi Versi MIUI.
  • Teruslah ketuk opsi tersebut hingga kamu melihat keterangan Anda Bukan Pengembang, yang artinya opsi tersebut sudah berhasil dimatikan.

Cara ini juga bisa dilakukan di semua tipe dan seri HP Xiaomi. Untuk menghidupkannya kembali, kamu hanya perlu mengulangi langkah di atas.

Dampak Mematikan Developer Option Di HP Xiaomi

Setelah mengetahui beberapa cara mematikan opsi pengembang di HP Xiaomi, kini mungkin kamu bertanya-tanya, apakah tindakan tersebut bisa berdampak pada HP Xiai milikmu?

Bicara soal dampak, pada dasarnya tak ada manfaat ataupun kerugian yang akan dirasakan. Mematikan opsi ini biasanya dipilih sebagai upaya untuk menghindari kesalahan ‘ngoprek’ HP, sehingga kamu tak akan salah setting HP yang bisa memicu eror.

Namun apabila kamu merasa tak akan otak atik HP atau melakukan settingan aneh-aneh, membiarkan opsi pengembang tetap dalam keadaan hidup juga tak akan membahayakan HP.

Opsi tersebut hanya berisi beberapa pengaturan tambahan yang secara khusus dibuat bagi pengguna agar bisa menyesuaikan kebutuhan, salah satunya membuat layar terus menyala.

Bayangkan jika situasi ini dialami oleh orang awam yang tak paham opsi pengembang. Mereka akan menganggap bahwa HP eror atau rusak.

Tips Menggunakan Opsi Pengembang Di HP Xiaomi

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan opsi pengembang di HP Xiaomi :

1. Aktifkan Opsi Pengembang

Untuk mengaktifkan opsi pengembang di HP Xiaomi, buka Pengaturan, lalu pilih Tentang Ponsel atau Tentang Perangkat.

Gulir ke bawah dan ketuk nomor build beberapa kali hingga muncul pesan “Anda sekarang menjadi pengembang” lalu klik aktifkan.

2. Atur Skala Tampilan Dan Animasi

Opsi Pengembang dapat digunakan untuk mengatur skala tampilan pada layar. Pilih opsi Tampilan, lalu atur skala tampilan sesuai dengan keinginan kamu.

Opsi Pengembang juga dapat digunakan untuk mengatur animasi pada sistem Android. Pilih opsi Animasi, lalu atur skala animasi masuk, animasi keluar, dan durasi animasi.

3. Atur Batas Proses

Opsi Pengembang dapat digunakan untuk mengatur batas proses pada sistem Android. Pilih opsi Batas Proses, lalu atur batas proses sesuai dengan keinginan kamu.

4. Atur Debugging USB

Jika kamu ingin menghubungkan HP Xiaomi ke komputer dan melakukan debugging USB, Opsi Pengembang dapat digunakan untuk mengaktifkan opsi debugging USB. Pilih opsi Debugging USB, lalu aktifkan opsi Debugging USB.

Baca Juga : 11 Cara Scan Barcode Di HP Samsung Semua Tipe Dan Merk

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan opsi pengembang dapat berdampak pada kinerja sistem Android dan dapat mempengaruhi garansi perangkat. Pastikan kamu memahami risiko dan efek samping sebelum menggunakan opsi pengembang di HP Xiaomi.

Baca Juga : 11+ Cara Menghilangkan Tombol Navigasi OPPO Yang Mudah Dan Praktis

Itulah beberapa cara mematikan opsi pengembang Xiaomi. Tidak masalah jika kamu ingin mematikan opsi ini apalagi jika kamu jarang mengubah settingan HP.

Selamat mencoba !