11 Cara Menghadapi Debt Collector Akulaku Yang Menagih Ke Rumah

Diposting pada

Letterf.id – Kerap kali pengguna pinjaman online diresahkan oleh adanya debt collector (DC), baik itu pinjaman online legal maupun illegal. Sebab ada saja cara debt collector yang membuat pengguna menjadi tidak nyaman.

Begitu juga dengan platform pinjaman online Akulaku. Akulaku menugaskan debt collector untuk menagih pinjaman yang dilakukan oleh penggunanya. Penagihan biasanya dilakukan secara online baik via chat maupun via telepon.

Untuk menghindari datangnya debt collector kerumah hal umum yang dilakukan ialah kita membayar tagihan dengan jadwal yang telah ditentukan. Namun apabila ternyata keadaan sedang tidak memungkinkan, artikel ini akan membahas cara menghadapi debt collector Akulaku.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang debt collector Akulaku langsung mendatangi rumah si peminjam melalui Alamat yang telah dberikan sebelumnya. Hal ini biasanya terjadi apabila si peminjam mengalami tunggakan pembayaran sehingga tidak tegas yang dilakukan yaitu dengan menugaskan debt collector.

Apa itu Debt Collector ?

Debt collector adalah pihak atau perusahaan yang ditugaskan untuk mengumpulkan pembayaran utang yang jatuh tempo dari orang yang memiliki tagihan utang. Tugas utama debt collector adalah untuk menghubungi pihak yang memiliki utang dan berusaha meyakinkan mereka untuk membayar jumlah utang yang belum diselesaikan.

Metode yang digunakan oleh debt collector bisa beragam, termasuk telepon, surat, email, dan bahkan kunjungan langsung ke rumah atau tempat kerja si pemilik utang. Namun, penagihan utang harus dilakukan dengan mengikuti undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Cara Menghadapi Debt Collector Akulaku
Debt Collector

Negara memiliki regulasi yang mengatur praktik debt collector untuk melindungi pemilik utang dan mencegah penagihan yang tidak pantas atau menakutkan. Pelanggaran mengakibatkan sanksi hukum bagi debt collector yang menggunakan metode penagihan yang tidak sah atau merugikan pemilik utang.

Sekilas Tentang Debt Collector Akulaku

Akulaku merupakan sebuah perusahaan fintech yang menyediakan pinjaman uang ataupun barang dalam bentuk cicilan. Banyak pengguna yang merasa terbantu dengan adanya Akulaku karena prosesnya yang cepat dan juga mudah.

Akulaku memberikan tenor pinjaman yang beragam, dari mulai 3 bulan hingga 12 bulan. Pengguna diminta membayar tagihan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati, namun jika pengguna mengalami penunggakan, tim Akulaku akan menugaskan seorang debt collector.

Cara Menghadapi Debt Collector Akulaku
Akulaku

Debt collector Akulaku merupakan orang yang ditugaskan oleh pihak Akulaku untuk melakukan penaghian kepada pemilik utang yang mengalami penunggakan. Biasanya pihak debt collector akan menginfokannya melalui pesan Whatsapp ataupun SMS.

Namun jika setelah diinfokan kepada si pemilik pinjaman penunggakan tidak juga diselesaikan maka pihak debt collector akan mendatangi Alamat si peminjam melalui daftar Alamat yang telah diisi pada verifikasi data.

Daerah Yang Di Datangi Debt Collector Akulaku

Akulaku memang telah diketahui oleh hamper seluruh Masyarakat Indonesia namun lokasi kantornya ternyata tidak menyebar ke seluruh Indonesia, sehingga hanya ada beberapa wilayah yang akan didatangi langsung oleh pihak debt collector apabila pengguna melakukan penunggakan.

Lalu daerah mana saja yang didatangi oleh debt collector Akulaku ? Simak daftar daerah yang didatangi dbet collector Aulaku dibawah ini :

  1. Medan
  2. Jakarta
  3. Yogyakarta
  4. Surabaya
  5. Denpasar
  6. Bandung
  7. Semarang
  8. Makassar

Daftar daerah yang disebutkan diatas bisa berubah-ubah tergantung daripada kebijakan Akulaku itu sendiri.

Berapa kali Debt Collector Akulaku Datang Ke Rumah ?

Untuk jumlah berapa kali debt collector dating ke rumah tidak dapat dipastikan, sebab apabila keterlambatan pembayaran tidak mencapai 30 hari maka penagihan akan tetap dilakukan melalui online.

Namun apabila penagihan online terus diabaikan maka debt collector Akulaku akan mendatangi rumah si pemilik pinjaman melalui Alamat yang telah diisikan didata ataupun sesuai dengan Alamat yang tertera pada KTP.

Cara Menghadapi Debt Collector Akulaku

Alasan debt collector mendatangi rumah sudah kita jelaskan pada paragraph diatas. Bagi kamu yang bingung Ketika debt collector Akulaku datang kerumah, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk tau bagaimana cara menghadapi debt collector Akulaku.

Cara menghadapi Debt Collector Akulaku adalah sebagai berikut :

  1. Cek Identitas Debt Collector
  2. Bayar Penunggakan Cicilan
  3. Negosiasi Waktu Pembayaran
  4. Minta Keringanan Bunga Pinjaman
  5. Minta Surat Penagihan

Itulah cara menghadapi debt collector Akulaku, untuk lebih jelasnya mari kira rincikan secara satu persatu :

Cek Identitas Debt Collector

Cara yang pertama adalah dengan mengecek terlebih dahulu identitas dari debt collector. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah benar bahwa debt collector tersebut memang pihak Akulaku atau bukan.

Tujuannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau yang semacamnya sebab banyak pengguna yang tertipu terkait masalah penagihan dari pihak Akulaku.

Bayar Penunggakan Cicilan

Untuk cara menghadapi debt collector Akulaku selanjutnya yaitu dengan membayar penunggakan cicilan. Seperti yang sudah kita bahas bahwa debt collector mendatangi rumah peminjam akibat adanya tunggakan yang belum diselesaikan.

Maka dari itu ketika pihak debt collector mendatangi rumah peminjam, ada baiknya jika si peminjam membayar tagihan yang tertunggak tersebut. Jika factor penunggakan terjadi karena tidak adanya uang, maka silahkan ikuti cara yang lainnya.

Negosiasi Waktu Pembayaran

Tanggal pembayaran memang telah ditentukan oleh pihak Akulaku itu sendiri dan si peminjam diharapkan untuk membayar sesuai tanggal jatuh tempo untuk menghindari adanya penumpukan bunga.

Namun jika menurut peminjam tanggal tersebut terlalu cepat dan tidak sesuai dengan kemampuan membayar maka ketika debt collector datang kerumah untuk melakukan penagihan silahkan diskusikan kepada debt collector untuk mengundur waktu pembayaran.

Cara Menghadapi Debt Collector Akulaku
Negosiasi Pembayaran

Minta kepada debt collector waktu yang sesuai kemampuan kamu untuk dapat membayar cicilan yang tertunggak tersebut. Maka diwaktu yang telah ditentukan, pihak debt collector akan datang kembali untuk menagih cicilan tersebut.

Minta Keringanan Bunga Pinjaman

Semakin lama tunggakan cicilan diabaikan maka semakin besar pula bunga yang akan didapat. Bunga pinjaman telah diberikan oleh pihak Akulaku diawal peminjaman, hal ini untuk meminimalisir adanya resiko kerugian bagi pihak Akulaku sendiri.

Sebab pinjaman di Akulaku tidak memerlukan agunan sehingga resiko yang akan didapat juga semakin besar. Maka ketika adanya penunggakan maka bunga pinjaman pun akan semakin bertambah besar.

Hal ini tentu saja semakin menambah kesulitan si peminjam untuk membayar tunggakan cicilan, maka dari itu ada baiknya untuk membicarakan kepada debt collector agar meringankan bunga pinjaman yang telah diberikan.

Lalu ketika bunga pinjaman berhasil untuk diringankan, silahkan lunasi sisa tunggakan cicilan yang telah lakukan tersebut.

Minta Surat Penagihan

Ketika debt collector datang kerumah, terkadang ada saja debt collector yang bersifat arogan sehingga menggangu kenyamanan si peminjam. Tak sedikit juga debt collector yang melakukan tindak kekerasan dan juga melakukan penagihan barang kepada si peminjam.

Apabila hal ini dilakukan maka mintalah terlebih dahulu surat penagihan kepada debt collector dari badan hukum yang berlaku. Sebab apabila debt collector tidak memiliki surat penagihan maka tindakan tersebut bersifat illegal dan melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

Baca Juga :  11+ Cara Menaikkan Limit Akulaku Hingga Puluhan Juta Terupdate 2023

Jika hal ini dianggap tidak wajar peminjam dapat melaporkan kepada pihak berwajib mengenai tindakan kekerasan yang dilakukan oleh debt collector. Sebab pada dasarnya debt collector memiliki aturan ketika hendak melakukan penagihan.

Kesimpulan

Itu dia penjelasan singkat bagaimana cara menghadapi debt collector Akulaku yang datang kerumah. Agar terhindar dari adanya penagihan debt collector silahkan cek Akulaku Review untuk mengetahui syarat dan cara penggunaan Akulaku.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *