11 Penyebab Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka Dan Solusinya

Diposting pada

Letterf.id – Kamu pasti sering mengalami kendala saat menggunakan aplikasi perbankan. Misalnya kendala aplikasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka saat ingin melakukan transaksi.

Sebagaimana telah diketahui Livin Mandiri merupakan sebuah aplikasi perbankan yang dirilis oleh PT Bank Mandiri Tbk untuk memudahkan para nasabah bertransaksi online secara lancar dan mudah.

Transaksi yang dilakukan pun cukup melalui handphone, misalnya ketika ingin menarik secara tunai melalui mesin ATM namun kamu lupa untuk membawa kartu ATM, dengan Livin Mandiri tarik tunai bisa dilakukan tanpa menggunakan kartu.

Meskipun aplikasi Livin Mandiri jarang mengalami kendala namun kadangkala tetap saja mengalami error. Baik error saat membuka aplikasi ataupun ketika melakukan transaksi.

Sekilas Tentang Livin Mandiri

Livin’ by Mandiri adalah aplikasi perbankan Bank Mandiri yang menawarkan berbagai fitur dan kemudahan dalam melakukan transaksi finansial dan gaya hidup.

Berikut beberapa fitur aplikasi Livin’ by Mandiri :

  • Instant Access – Akses cepat ke berbagai fitur dan layanan perbankan Bank Mandiri.
  • Intip Saldo – Cek saldo rekening dan transaksi terakhir dengan mudah.
  • Linkage e-Wallet –Tautkan akun e-wallet dengan Livin’ by Mandiri untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah.
  • Cardless Withdrawal –Tarik uang tunai dari ATM Bank Mandiri tanpa menggunakan kartu ATM.
  • Reservasi Online – Mudahnya melakukan reservasi layanan di cabang Bank Mandiri melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.
  • Transfer Valas – Kemudahan dalam melakukan transfer uang ke luar negeri.

Dengan Livin’ by Mandiri, pengguna dapat dengan mudah melakukan transaksi finansial dan gaya hidup dalam satu aplikasi.

Penyebab Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka

Error pada aplikasi Livin Mandiri disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa jadi salah satu dari penyebab ini adalah hal yang sering terjadi pada kamu yang menyebabkan tidak bisa membuka aplikasi serta melalukan transaksi.

Beberapa beberapa penyebab Livin Mandiri tidak bisa dibuka, seperti :

Bank Mandiri Sedang Maintenance

Penyebab yang pertama disebabkan karena pihak Bank Mandiri sedang mengalami perbaikan ataupun Maintenance. Jika hal ini terjadi otomatis aplikasi tidak bisa dibuka maupun diakses selama beberapa saat.

Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Livin Mandiri Gangguan

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan serta kenyamanan bertransaksi para nasabah dalam menggunakan aplikasi perbankan dari Bank Mandiri yaitu Livin.

Biasanya dalam proses maintenance ini, ada beberapa fitur baru yang ditambah oleh pihak Bank pada aplikasi Livin yang akan mempermudah nasabah dalam menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Livin Belum Di Update

Aplikasi tidak di update juga dapat menyebabkan Livin Mandiri tidak bisa dibuka karena telah mengalami pembaharuan namun pengguna tidak mengupdate aplikasi tersebut.

Biasanya pemberitahuan ada diawal ketika ingin membuka aplikasi. Pengguna akan disuruh untuk update aplikasi terlebih dahulu agar aplikasi bisa digunakan kembali.

Sebab dengan mempertahankan versi yang lama akan membuat transaksi berpengaruh. Dimana pastinya akan ada fitur baru yang tersedia apabila aplikasi telah mengalami pembaharuan.

Nomor HP Dicabut Dari Ponsel

Nomor Telepon yang telah di lepas dari slot SIM HP juga jadi salah satu penyebab mengapa aplikasi Livin Mandiri tidak dapat dibuka karena aplikasi m-Banking akan mendeteksi secara otomatis nomor yang digunakan pada perangkat.

Tidak hanya itu saja, peletakan kartu SIM pun juga berpengaruh. Apabila handphone memiliki 2 slot untuk kartu SIM, pastikan nomor yang terdaftar pada Livin Mandiri berapa pada slot pertama.

Apabila kartu SIM yang digunakan untuk login Livin Mandiri diletakkan pada slot kedua hal tersebut akan membuat aplikasi tidak bisa dibuka maupun di akses.

Chache Ponsel Menumpuk

Kinerja sistem pada handphone ternyata bisa mempengaruhi aplikasi Livin Mandiri tidak dapat dibuka maupun diakses. Kinerja sistem menurun biasanya disebabkan oleh sampah atau chache handphone yang telah menumpuk.

Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Cache Ponsel Menumpuk

Sebab semakin banyak sampah atau chache maka kinerja handphone juga semakin melemah dan begitupun sebaliknya jika chache handphone sedikit maka kinerja handphone akan berjalan dengan lancar.

Koneksi Internet Lemot

Penyebab yang terakhir yaitu bisa disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil. Sebagaimana yang kamu ketahui, bahwa jaringan internet sangat berperan penting bagi hal yang berhubungan dengan internet.

Hampir semua fitur yang ada pada handphone tentunya membutuhkan jaringan internet. Nah apabila ingin membuka aplikasi Livin Mandiri pun tidak ada jaringan internet ataupun sedang bermasalah pasti aplikasi tidak akan bisa dibuka.

Akun Dibatasi Sementara

Adanya indikasi akun Livin Mandiri sedang dibatasi sementara karena adanya pelanggaran aturan penggunaan aplikasi, aktivitas yang mencurigakan pada keamanan akun juga dapat menyebabkan akun tidak bisa dibuka.

Pembatasan sementara ini dapat dilakukan oleh penyedia layanan untuk melindungi akun dari akses yang tidak sah atau aktivitas yang mencurigakan serta untuk memastikan keamanan dan integritas data pengguna.

Selama periode pembatasan ini, pengguna tidak dapat mengakses atau menggunakan fitur-fitur tertentu dalam aplikasi sampai pembatasan tersebut dicabut.

Aplikasi Crash

Selain itu, adanya indikasi aplikasi crash karena seperti bug dalam kode aplikasi, kegagalan sistem operasi atau ketidakcocokan antara aplikasi dengan versi perangkat lunak juga menjadi penyebab kenapa sulit membuka aplikasi Livin.

Crash dapat terjadi saat aplikasi mengalami gangguan yang menyebabkan aplikasi tiba-tiba berhenti atau tidak merespons.

Hal ini dapat mengakibatkan ketidakmampuan pengguna untuk membuka atau menggunakan aplikasi hingga masalah tersebut diperbaiki melalui pembaruan atau perbaikan yang diberikan oleh pengembang aplikasi.

Akun Livin Mandiri Terblokir

Penyebab terakhir kenapa aplikasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka yaitu karena akun sedang terblokir akibat banyak percobaan login yang gagal, pelanggaran kebijakan atau aturan penggunaan aplikasi atau aktivitas yang mencurigakan oleh penyedia layanan.

Ketika akun terblokir, pengguna tidak dapat mengakses fitur atau layanan dalam aplikasi sampai masalahnya diatasi.

Untuk membuka blokir tersebut, kamu mungkin perlu mengikuti prosedur verifikasi keamanan atau menghubungi layanan pelanggan untuk mendapatkan bantuan dalam memulihkan akses ke akun.

Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka

Berdasarkan penyebab diatas kamu sudah mengetahui cara memperbaiki aplikasi livin yang sulit terbuka agar bisa digunakan kembali untuk transaksi keuangan seperti biasa.

Berikut beberapa cara mengatasi Livin Mandiri yang tidak bisa dibuka agar bisa digunakan kembali :

Cek Gangguan Pada Livin Mandiri

Yang pertama yaitu ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan Livin Mandiri tidak bisa dibuka maupun diakses.

Kamu bisa mengunjungi situs web resmi Livin Mandiri atau menggunakan aplikasi. Di sana, biasanya pihak Bank akan memberikan informasi tentang status layanan, pemeliharaan atau gangguan yang mungkin sedang terjadi.

Berikut beberapa cara cek gangguan pada aplikasi Livin Mandiri :

Cek Lewat Website Resmi Bank Mandiri

Kamu bisa langsung mengunjungi website resmi Livin Mandiri di https://www.livin-mandiri.com/.

Kemudian, periksa status server di halaman utama website tersebut. Jika terdapat gangguan pada server, maka biasanya akan ada pemberitahuan di halaman tersebut.

Cek Lewat Media Sosial Mandiri

Kamu juga dapat memeriksa informasi terkait gangguan pada layanan Living Mandiri di media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram.

Biasanya, Living Mandiri akan memberikan update terbaru mengenai status server melalui media sosial tersebut.

Hubungi CS Bank Mandiri

Jika kamu ingin mengetahui apakah ada gangguan pada layanan Living Mandiri atau tidak, kamu dapat menghubungi CS Livin Mandiri melalui nomor telepon 1500025 atau email ke cs@livin-mandiri.com.

Tim customer service akan membantu kamu untuk mengecek status server dan memberikan solusi terbaik untuk masalah yang kamu hadapi.

Update Aplikasi Livin By Mandiri

Cara mengatasi aplikasi Livin Mandiri yang tidak bisa dibuka selanjutnya yaitu dengan mengupdate aplikasi Livin Mandiri. Update aplikasi akan membantu mengatasi cara Livin Mandiri bisa dibuka atau diakses kembali.

Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Update Aplikasi Livin Mandiri

Berikut cara update APK Livin By Mandiri :

  • Pertama buka Google Playstore ataupun App Store di HP kamu.
  • Setelah itu cari aplikasi Livin By Mandiri.
  • Pada bagian sebelah kanan, ada logo berwarna hijau bertuliskan update.
  • Tekan logo tersebut untuk melakukan pengupdatean.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses update berjalan.
  • Jika sudah selesai, aplikasi telah bisa dibuka dan diakses kembali.

Pasang Kembali Nomor HP Di Ponsel

Jika notifikasi error Livin muncul karena SIM tidak terdeteksi, kamu dapat memasang kembali kartu SIM yang digunakan pada perangkat seperti semula agar Livin Mandiri bisa dibuka kembali.

Selain itu pastikan letak kartu SIM berapa pada slot pertama atau SIM 1 karena pada dasarnya Slot SIM 1 merupakan tempat SIM utama di Ponsel pada umumnya.

Cek Koneksi Internet

Selanjutnya kamu harus memastikan jaringan internet dalam kondisi lancar sehingga membuka aplikasi Livin Mandiri bisa berjalan dengan baik.

Periksa koneksi internet pada wilayah yang ditinggali atau jika kondisi sedang dalam kondisi kurang stabil maka bisa diubah kedalam mode pesawat terlebih dahulu untuk mengoptimalkan jaringan.

Namun jika jaringan belum stabil kamu bisa mengganti jaringan internet ke mode WiFi atau Hotspot Portabel yang sesuai dengan wilayah yang mendukung provider tersebut.

Hapus Cache Pada Ponsel

Selanjutnya yaitu dengan. Untuk memudahkan kinerja dari ponsel kamu perlu membersihkan sampah atau cache yang menumpuk pada ponsel yang kamu gunakan untuk membuka Livin Mandiri.

Berikut cara hapus Chache pada ponsel agar Livin Mandiri bisa dibuka kembali :

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di HP kamu.
  • Setelah itu pilih menu aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi Livin by Mandiri.
  • Lalu pilih opsi penyimpanan.
  • Setelah itu pilih menu Hapus Chache untuk membersihkan cache pada aplikasi.

Hubungi CS Livin Mandiri

Selain beberapa cara diatas, kamu juga bertanya langsung ke petugas Bank apabila mendapati aplikasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka untuk mengetahui sumber masalahnya.

Berikut daftar nomor CS dan media sosial Bank Mandiri:

  • Customer Service Livin Mandiri : 1500025.
  • Email Customer Service Livin Mandiri : cs@livin-mandiri.com.
  • Facebook : https://www.facebook.com/BankMandiriID/.
  • Twitter : https://twitter.com/bankmandiri.
  • Instagram : https://www.instagram.com/bankmandiri_id/.

Kunjungi Bank Mandiri Terdekat

Jika semua cara diatas tidak berhasil untuk dicoba, maka kamu bisa mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat untuk bertanya secara langsung ke CS Bank Mandiri.

Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Kantor Cabang Mandiri

Kamu dapat mengunjungi kantor cabang terdekat lalu ambil nomor antrian kemudian sampaikan kendala kepada pihak customer service agar dilakukan perbaikan.

Tips Agar Livin Mandiri Bisa Dibuka Kembali

Masalah ini mungkin pernah di alami oleh setiap pengguna yang menggunakan aplikasi perbankan Livin By Bank Mandiri. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami kendala Livin tidak bisa dibuka, sebaiknya simak tips berikut ini :

  • Pastikan koneksi internet kamu stabil dan kuat.
  • Coba tutup aplikasi Mandiri dan buka kembali setelah beberapa saat.
  • Perbarui aplikasi Mandiri ke versi terbaru.
  • Bersihkan cache aplikasi Mandiri.
  • Matikan dan hidupkan kembali smartphone kamu.
  • Pastikan waktu dan tanggal di smartphone kamu sudah benar.
  • Hapus aplikasi Mandiri dan instal ulang kembali dari toko aplikasi.
  • Nonaktifkan VPN di smartphone kamu.
  • Periksa kapasitas penyimpanan di smartphone kamu, pastikan masih cukup untuk menginstal aplikasi Mandiri.
  • Hubungi customer service Mandiri melalui nomor telepon 14000 atau email ke customercare@bankmandiri.co.id jika masalah masih berlanjut.

Kesimpulan

Livin Mandiri adalah aplikasi yang penting bagi pengguna untuk mengelola keuangan, namun terkadang aplikasi ini tidak dapat dibuka karena beberapa alasan seperti pembatasan sementara akun, crash aplikasi atau blokir akun.

Baca Juga : 13 Cara Mengirim Folder Lewat WA Tanpa Aplikasi Diatas 100 MB

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat mengikuti beberapa tips, seperti memastikan koneksi internet stabil, membersihkan cache aplikasi, melakukan update aplikasi atau memeriksa apakah akun telah diblokir atau tidak.

Berikut beberapa cara agar aplikasi Livin bisa dibuka :

  • Pastikan koneksi internet stabil.
  • Coba membersihkan cache aplikasi Livin Mandiri di pengaturan perangkat.
  • Periksa apakah ada pembaruan aplikasi yang tersedia dan lakukan update jika diperlukan.
  • Verifikasi apakah akun Livin Mandiri tidak dalam keadaan dibatasi atau diblokir.
  • Hubungi layanan pelanggan Livin Mandiri untuk bantuan lebih lanjut jika masalah tidak teratasi.

Kiranya dari beberapa cara diatas dapat membantu pengguna untuk mengatasi hal yang serupa. Semoga referensi ini dapat berguna bagi para pengguna aplikasi Livin Mandiri.

Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *