11 Cara Mengatasi Livin Mandiri Terblokir Tanpa Ke Bank Pasti Berhasil

Diposting pada

Letterf.id – Para nasabah Mandiri pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya Livin Mandiri. Dimana tentu saja Livin Mandiri sangat membantu nasabah pada proses bertransaksi. Namun beberapa kendala sering dialami para nasabah terkait aplikasi Livin Mandiri  terblokir

Hal ini tentu saja akan mengganggu proses transaksi yang dilakukan. Dari mulai transaksi antar Bank, dompet digital dan Livin Mandiri juga bisa digunakan untuk pembayaran kebutuhan harian pengguna,seperti listrik air dan yang lainnya.

Oleh sebab itu, kamu dapat mengembalikan livin Mandiri yang sudah terblokir hingga mencegah pemblokiran dikemudian hari agar transaksi di aplikasi tidak terganggu.

Sekilas Tentang Livin Mandiri

Livin Mandiri adalah salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank Mandiri yang menjadi solusi perbankan digital yang memungkinkan nasabah untuk mengakses berbagai layanan perbankan melalui aplikasi mobile.

Adapun fitur unggulan aplikasi Livin Mandiri antara lain :

  • Cek Saldo Dan Mutasi Rekening – Nasabah dapat dengan mudah melihat saldo rekening mereka dan melacak transaksi yang telah dilakukan.
  • Transfer Dana – Aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer uang antar rekening dalam dan luar Bank Mandiri serta ke bank lain.
  • Pembayaran Tagihan – Livin Mandiri juga seringkali memiliki fitur untuk membayar tagihan rutin seperti tagihan listrik, air atau telepon yang memudahkan nasabah dalam mengelola keuangan mereka.
  • Pembelian Pulsa Dan Paket Data – Nasabah dapat membeli pulsa telepon dan paket data seluler melalui aplikasi ini.

Penyebab Livin Mandiri Terblokir

Sebagian nasabah selalu dipertanyakan penyebab dan cara mengatasi nya. Tanpa berlama-lama mari kita simak penyebab dan cara mengatasi Livin Mandiri yang terblokir.

Adapun beberapa penyebab Livin Mandiri terblokir adalah sebagai berikut :

Salah Password

Penyebab pertama bahkan yang selalu terjadi adalah akibat si pengguna salah memasukkan password baik dari login maupun saat memasukkan PIN untuk konfirmasi transaksi.

Livin Mandiri Terblokir
Salah Password

Pihak Bank akan memberikan kesempatan 3 kali percobaan didalam memasukkan password ataupun PIN dan akun akan terblokir apabila baik password maupun PIN terjadi kesalahan lebih dari 3 kali.

Salah PIN Livin Mandiri

Salah memasukkan PIN pada aplikasi Livin Mandiri dapat mengakibatkan blokir sementara akses ke akun Livin Mandiri kamu.

Tindakan pemblokiran sementara ini merupakan tindakan keamanan yang dilakukan untuk melindungi informasi dan dana nasabah dari potensi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak sah.

Jika kamu mengalami blokir akun karena kesalahan PIN maka kamu perlu mengikuti prosedur pemulihan yang biasanya disediakan oleh Bank Mandiri seperti menghubungi layanan pelanggan Bank Mandiri.

Transaksi Mencurigakan

Berkat kecanggihan dari aplikasi Livin Mandiri, segala aktivitas yang mencurigakan akan diketahui dan hal ini akan mengakibatkan akun terblokir. Sebab hal ini melanggar kebijakan yang berlaku.

Serta hal ini dilakukan pihak Bank untuk menghindari apabila yang melakukan transaksi bukan si pengguna itu sendiri melainkan bisa saja diretas oleh pihak lain.

Ataupun tindak mencurigakan seperti penipuan, cyber crime ataupun yang lainnya. Lalu akun juga akan terblokir apabila pihak Bank mendapat laporan dari pihak yang berwajib.

Tidak Ada Transaksi Selama 6 Bulan

Penyebab Livin Mandiri terblokir selanjutnya yaitu dikarenakan pengguna tidak melakukan kegiatan transaksi selama 6 bulan ataupun saldo yang berada didalam akun ada dalam posisi kosong.

Maka dari itu para nasabah disarankan untuk melakukan transaksi paling sedikit setidaknya 1 bulan sekali untuk menghindari hal ini.

Akun Melanggar Kebijakan

Lalu penyebab Livin Mandiri diblokir selanjutnya dikarenakan akun telah melanggar kebijakan yang ditentukan.

Seperti yang dijelaskan diatas sebelumnya, akun melanggar kebijakan apabila terindikasi melakukan kecurangan  ataupun tindak kejahatan lainnya.

Kesalahan Sistem Livin

Yang terakhir mengapa Livin Mandiri diblokir yaitu dikarenakan kesalahan sistem dari pihak Bank itu sendiri. Meskipun aplikasi ini sudah terbilang cukup canggih namun tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini akan mengalami kesalahan sistem.

Namun pengguna tidak perlu khawatir sebab hal yang demikian sangat jarang untuk terjadi dan apabila terjadi ada berbagai cara yang bisa dilakukan yang akan kita bahas pada paragraf dibawah ini.

Akun Livin Dilaporkan Oleh Pengguna Lain

Laporan akun Livin Mandiri oleh pengguna lain biasanya merupakan tindakan yang dilakukan dalam situasi yang melanggar aturan atau penyalahgunaan layanan yang disediakan oleh aplikasi.

Ketika sebuah akun dilaporkan oleh pengguna lain karena aktivitas yang mencurigakan, penyalahgunaan atau pelanggaran terhadap kebijakan Bank Mandiri, pihak bank akan melakukan melakukan pemblokiran terhadap akun Livin mandiri.

Proses ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan integritas layanan perbankan digital serta memastikan bahwa setiap pelanggaran atau pelanggaran terhadap aturan ditangani dengan tepat.

Cara Mengatasi Livin Mandiri Terblokir

Ketika akun Livin Mandiri terblokir, pengguna tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang Mandiri, cukup melalui telepon genggam dan internet yang baik cara ini bisa dilakukan dirumah. Tentu saja hal ini akan mengehemat tenaga dan juga waktu.

Hal yang pertama dilakukan ketika akun Livin Mandiri pengguna terblokir, kenali terlebih dahulu penyebab masalah yang terjadi seperti yang dijelaskan diatas sebelumnya.

Berikut beberapa cara mengatasi Livin Mandiri terblokir :

Pilih Opsi Reset PIN

Cara yang pertama yaitu dengan mereset PIN apabila kendala yang dialami adalah ketika pengguna salah memasukkan PIN lebih dari batas percobaan yang diberikan.

Berikut cara mengatasi Livin Mandiri terblokir karena salah PIN :

  • Silahkan masuk ke aplikasi Livin Mandiri.
  • Setelah itu pilih menu pengaturan yang ada di pojok kanan bawah pada aplikasi.
  • Pilih PIN setelah itu pilih Lupa.
  • Kemudian masukkan nomor kartu debit serta tanggal kadaluarsa kartu debit.
  • Lalu pilih Kirim SMS dan setelah itu kamu akan langsung diarahkan pada menu SMS.
  • Kirim SMS verifikasi dan tunggu balasan hingga kode verifikasi berhasil diberikan.
  • Jika sudah silahkan kembali ke aplikasi Livin Mandiri kemudian masukkan PIN yang baru.
  • Konfirmasi ulang PIN baru yang telah dibuat.
  • Aplikasi Livin Mandiri telah berhasil untuk dilakukan reset PIN.

Hubungi Call Center Mandiri

Untuk cara selanjutnya ketika Livin Mandiri terblokir adalah dengan menghubungi Customer Service Bank Mandiri. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk dilakukan apabila ada nasabah yang sulit untuk memahami cara yang lainnya.

Untuk menghubungi CS Mandiri, pengguna harus menyiapkan beberapa syarat seperti data diri dan juga buku tabungan Mandiri dan juga mengkonfirmasi beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pihak Bank.

Namun jika pengguna menghubungi CS Mandiri melalui Call Center 14000, pengguna harus menyiapkan pulsa minimal 20 ribu rupiah sebab cara ini tidak menyediakan panggilan gratis tetapi untuk hal yang satu ini kendala akan langsung ditangani.

Untuk menghubungi CS lainnya yang tidak memerlukan biaya atau dalam artisn gratis, pengguna bisa mengunjungi media sosial, email seperti dibawah ini.

  • Facebook : Mandiri Care.
  • Twitter : @mandiricare.
  • Telegram : @bankmandiricare.
  • Email : mandiricare@bankmandiri.co.id.

Registrasi Ulang Livin Mandiri

Cara selanjutnya yaitu dengan meregistrasi ulang Livin Mandiri. Dimana pengguna harus menyiapkan segala data-data yang diperlukan seperti kartu debit, pulsa untuk proses verifikasi.

Namun sebelumnya pengguna harus menguninstall terlebih dahulu aplikasi Livin Mandiri yang lama lalu mendownloadnya kembali.

Setelah itu lakukan pembersihan cache aplikasi seperti pembahasan artikel sebelumnya mengenai 11 Penyebab Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka Dan Solusinya agar aplikasi kembali dalam posisi yang semula.

Jika syarat dan ketentuan yang dijelaskan diatas telah dipenuhi maka cara selanjutnya yaitu dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Pada tampilan awal disaat menjalankan aplikasi, akan ada 2 opsi yang diberikan. Silahkan pilih Punya Kartu Debit/Kredit Mandiri.
Livin Mandiri Terblokir
Tampilan Awal Livin Mandiri
  • Lalu masukkan nomor kartu debit yang terletak dibagian depan kartu debit Mandiri yang digunakan.
  • Kemudian masukkan tanggal kadaluarsa kartu debit.
  • Setelah itu tekan lanjut lalu pengguna akan diminta untuk memasukkan tanggal, bulan dan tahun lahir.
  • Tekan lanjut kembali kemudian akan ditampilkan menu verifikasi, pilih Kirim SMS Verifikasi.
  • Selanjutnya akan diarahkan ke menu SMS , silahkan tekan kirim. Namun pastikan pulsa cukup untuk digunakan.
  • Jika telah dikirim kemudian kembali ke menu aplikasi Livin Mandiri, akan muncul verifikasi telah berhasil.
  • Lalu akan diarahkan untuk memasukkan password yang baru , silahkan isi password baru pada kolom yang telah disediakan.
  • Setelah itu masukkan kembali PIN baru yang berisi 6 digit angka.
  • Masukkan kembali PIN yang tadi telah dibuat.
  • Lalu masukkan PIN kartu debit untuk mengautentifikasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses registrasi telah berhasil, setelah itu pengguna bisa mencoba login kembali ke aplikasi untuk memastikan apakah cara tersebut telah benar dilakukan atau tidak.

Gunakan Opsi Lupa Password Livin Mandiri

Untuk mengatasi situasi ketika akun Livin Mandiri terblokir karena lupa password maka kamu dapat menggunakan opsi Lupa Password yang disediakan dalam aplikasi.

Dengan mengklik atau memilih opsi ini, kamu akan diarahkan ke proses pemulihan yang memungkinkan mereka untuk mengatur ulang kata sandi mereka.

Biasanya, prosedur ini melibatkan langkah-langkah seperti memasukkan data pribadi atau nomor rekening, yang akan digunakan untuk verifikasi identitas pengguna.

Setelah pengguna berhasil melewati prosedur verifikasi maka kamu akan diberikan kesempatan untuk membuat kata sandi baru yang aman dan mengakses kembali akun Livin Mandiri yang terblokir.

Ajukan Pemulihan Akun Livin Yang Terblokir

Untuk mengatasi situasi di mana akun Livin Mandiri terblokir dan kamu tidak dapat mengaksesnya maka kamu dapat mengajukan permohonan pemulihan akun kepada pihak Bank Mandiri.

Biasanya proses ini melibatkan menghubungi layanan pelanggan atau dukungan teknis mereka melalui saluran yang tersedia, seperti telepon atau email.

Kamu akan diminta untuk memberikan informasi pribadi dan akun yang memadai sebagai bukti kepemilikan akun yang terkunci.

Setelah mengidentifikasi kamu sebagai pemilik sah akun maka pihak bank akan membantu kamu untuk membuka kembali akses ke akun Livin Mandiri yang terblokir agar bisa digunakan kembali.

Gunakan Aplikasi Perbankan Lain

Saat akun Livin Mandiri mengalami pemblokiran sehingga tidak dapat digunakan maka salah satu alternatif yang dapat kamu pertimbangkan adalah menggunakan aplikasi perbankan lain yang kamu miliki.

Banyak bank di Indonesia menawarkan aplikasi perbankan yang serupa yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer dana, pembayaran tagihan dan lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi perbankan lain kamu dapat tetap mengelola keuangan tanpa harus menunggu pemulihan akun Livin Mandiri.

Tips Agar Livin Mandiri Tidak Terblokir

Livin adalah aplikasi finansial yang menyediakan berbagai layanan keuangan seperti pembayaran tagihan, pembelian pulsa, transfer uang, dan lain sebagainya. Agar akun Livin Anda tidak terblokir, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Gunakan nomor telepon yang valid – Pastikan nomor telepon yang Anda daftarkan di Livin adalah nomor yang masih aktif dan terhubung dengan kartu SIM yang Anda miliki.
  • Jangan mengulang password yang salah – Hindari mencoba masuk dengan password yang salah terlalu banyak kali, karena hal ini dapat memicu sistem untuk menganggap akun Anda sebagai akun yang mencurigakan.
  • Pastikan koneksi internet stabil – Pastikan koneksi internet Anda stabil saat menggunakan aplikasi Livin, karena koneksi yang buruk dapat membuat proses transaksi tidak dapat diselesaikan dengan baik.
  • Gunakan fitur keamanan – Livin menyediakan berbagai fitur keamanan seperti verifikasi dengan kode OTP atau menggunakan sidik jari. Pastikan Anda menggunakan fitur-fitur keamanan tersebut untuk melindungi akun Anda.
  • Rahasiakan informasi login – Jangan membagikan informasi login Anda kepada orang lain, karena hal ini dapat membuka celah bagi orang lain untuk masuk ke dalam akun Livin Anda.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghindari terblokirnya akun Livin Anda dan dapat menggunakan layanan keuangan yang disediakan oleh aplikasi ini dengan aman dan nyaman.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi Livin Mandiri yang terblokir. Kiranya dari beberapa cara yang dipaparkan diatas dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Semoga bermanfaat !

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *